SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

RIO DE JENAIRO—Rekor gol terbanyak 86 gol dalam setahun yang dicetak pemain Barcelona Lionel Messi terancam dibatalkan karena diprotes  Brasil dan Zambia.

Jumlah gol tersebut diklaim masih kalah banyak dengan yang dicetak oleh Zico dari Brasil yakni sebanyak 89 gol (1979) dan Chitalu dari Zambia yang mencetak 107 gol (1972). “Kami sangat kesal. Messi masih belum mampu memecahkan rekor gol dalam kurun waktu satu tahun,” ujar Kepala Riset dan Statistik Flamengo, Bruno Lucena, seperti dikutip Lance, Kamis (13/12/2012).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Lucena menghitung bahwa Zico mencetak 81 gol bersama Flamengo di tahun 1979 ditambah tujuh gol bersama Timnas Brasil dan satu gol di pertandingan persahabatan antara Argentina kontra Tim Dunia XI. Selain itu, Lucena menambahkan bahwa di tahun 1979, Zico cedera selama dua bulan, antara September dan November.

“Jika Zico bermain sepanjang tahun tanpa cedera, ia pasti bisa mencetak lebih dari 100 gol,” ia menutup.

Harian Brasil, Lance, mempublikasikan daftar gol yang dicetak Zico tahun 1979. Menurut statistik, ia mencetak enam gol di dua laga, empat gol di satu laga dan lima kali hatrik.

Adapun Federasi Sepak Bola Zambia (FZ) mengklaim gol terbanyak dalam kurun waktu satu tahun adalah milik Chitalu. Pria yang sudah wafat itu diklaim mencetak 107 gol di tahun 1972.

“Kami memiliki catatannya yang sudah dicatat oleh sepak bola Zambia, tapi sayangnya rekor itu tak dicatat oleh sepak bola dunia,” ujar juru bicara Federasi Sepak Bola Zambia kepada NewsDay Zimbabwe.

“Meski seluruh dunia terpaku kepada rekor Messi yang memecahkan torehan Gerd Muller, perdebatan yang terjadi di Zambia adalah mengapa rekor Godfrey tidak diketahui publik,” ia melanjutkan.

“Kami akan mengirimkan buktinya kepada FIFA agar semuanya menjadi jelas bahwa pemegang rekor gol dalam hitungan kalender satu tahun bukan milik Muller atau Messi melainkan Chitalu,” ia menutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya