SOLOPOS.COM - David Rumakiek saat masih membela Persib Bandung. David resmi direkrut PSIS Semarang untuk menghadapi Liga 1 musim depan. (Solopos.com-MO PSIS Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — PSIS Semarang mengumumkan telah resmi mendatangkan bek kiri asal Papua, David Kevin Rumakiek, pada bursa transfer Liga 1 musim ini. David diboyong PSIS Semarang setelah kontraknya bersama Persib Bandung tidak diperpanjang.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengaku mendatangkan David Rumakiek untuk menambah kedalaman di sektor bek kiri. Di posisi tersebut, PSIS sebelumnya sudah memiliki dua pemain Timnas U-22 Indonesia yang sukses mempersembahkan emas pada SEA Games 2023 di Kamboja, yakni Haykaal Alhafiz dan Alfeandra Dewangga, serta pemain yang baru didatangkan dari Persipura Jayapura, Giovani Numberi.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“David Rumakiek kami datangkan supaya sektor bek kiri lebih kuat. Selain itu, supaya pelatih juga memiliki banyak pilihan di posisi itu,” ujar CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/5/2023).

David Rumakiek juga sudah menjalani tes medis serta tes fisik dan tes kemampuan kaki bersama PSIS Semarang. Seluruh tes itu telah diselesaikan David hingga akhirnya resmi direkrut skuad Laskar Mahesa Jenar untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan.

David Rumakiek sebenarnya merupakan salah satu pemain belakang asal Papua yang potensial. Ia bahkan beberapa kali sempaat dipanggil memperkuat timnas Indonesia baik kelompok usia 19 tahun maupun usia 23 tahun.

Kakak dari pemain Persipura sekaligus timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, itu juga masuk dalam daftar skuad timnas U-19 Indonesia pada ajang AFC U-19 2018 lalu. Meski demikian, David mengalami penurunan performa setelah musim lalu mengalami cedera.

Terkait kondisi itu, Yoyok optimistis David akan menemukan performa terbaiknya kembali bersama PSIS Semarang. Hal itu tidak terlepas dari sederet tes yang dijalani David sebelum bergabung bersama PSIS Semarang.

“Terkait kondisi David Rumakiek yang musim lalu cedera, kami sebelum kontrak sudah melakukan tes medis, tes fungsi, dan tes fisik bagi David Rumakiek. Dari hasil itu, David dinyatakan lolos. Selain itu, kami juga optimistis David Rumakiek bisa beradaptasi terkait kondisinya seperti Septian David yang juga kembali ke performa terbaik setelah cedera cukup serius,” imbuh Yoyok.

PSIS Semarang pun telah memutuskan untuk mengontrak David Rumakiek selama dua musim. Ia pun akan berstatus menjadi pemain PSIS hingga musim 2024/2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya