SOLOPOS.COM - Para pelari berlaga di ajang LPS Monas Half Marathon menempuh jarak sepanjang 21 km di Jakarta, Minggu (2/7/2023). (Solopos.com/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, JAKARTA–Lomba lari LPS Monas Half Marathon menempuh jarak sepanjang 21 km digelar di Jakarta, Minggu (2/7/2023). Start para peserta di Monas dilepas oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik  Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa, Plt Gubernur DKI Heru Budi, sekitar pukul 05.00 WIB.

Antara melaporkan Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui pada acara itu mendorong agar kompetisi tersebut dapat diselenggarakan secara berkelanjutan dan bisa menjadi wadah untuk mengembangkan potensi atlet nasional.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Sebelumnya, antusiasme pelari yang akan mengikuti LPS Monas Half Marathon sangatlah tinggi, hal ini salah satunya dapat dilihat dari acara pengambilan race pack yang digelar di Mall Sarinah, Jakarta, Jumat (30/6/2023), terpantau para pelari baik atlet dan nonatlet dari berbagai komunitas sudah berkumpul sejak pagi hari.

lari maraton lps
Para pelari mengambil start di ajang LPS Monas Half Marathon di Jakarta, Minggu (2/7/2023) pagi. (Solopos.com/Burhan Aris Nugraha)

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengamini antusiasme pelari dalam menyambut LPS Monas Half Marathon sangat tinggi, dimulai dari kegiatan-kegiatan latihan fisik hingga persiapan mental untuk berkompetisi yang dilakukan para peserta yang berasal dari berbagai komunitas lari.

“Hal ini juga terlihat dari total jumlah peserta dari rangkaian kegiatan LPS Monas Half Marathon yang mencapai kurang lebih 7.000-an orang yang akan berlari di Run The City pada 1 Juli dan LPS Monas Half Marathon di 2 Juli,” ujarnya di Konferensi Pers jelang LPS MHM, Jumat, seperti dikutip dari rilis yang diterima Solopos.com.

“Harapannya, event LPS Monas Half Marathon dapat menjadi event yang sustain dan menjadi kegiatan marathon berstandar internasional di Kota Jakarta. Selain itu, diharapkan juga event LPS Monas Half Marathon dapat menjadi ruang berkompetisi dan berkembangnya potensi atlet-atlet nasional ke depannya,” tambah Purbaya.

lomba lari maraton
Penonton menyemangati para pelari di ajang LPS Monas Half Marathon di Jakarta, Minggu (2/7/2023). (Solopos.com/Burhan Aris Nugraha)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung menjelaskan proses pengecekan rute sudah dilakukan oleh representatif Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) bersama dengan PASI dan organizer. Dia memastikan bahwa rute yang akan digunakan sebagai lintasan lari LPS Monas Half Marathon ini presisi.

“Rute yang tersertifikasi ini menjadi ekspektasi dasar yang dimiliki sebagian besar pelari saat mengikuti sebuah perlombaan lari. LPS Monas Half Marathon pun kini sudah mengantongi sertifikat AIMS dan dinyatakan rute yang akan dilalui memiliki standar internasional. Kami percaya akurasi pengukuran jarak lari adalah suatu keharusan dalam dunia lari. Sertifikasi AIMS menjamin tidak hanya jarak yang diukur dengan benar tetapi juga memiliki sistem yang tepat,” jelasnya.

LPS Monas Half Marathon berhadiah total uang tunai mencapai Rp992 juta. LPS Monas Half Marathon ditargetkan akan menjadi ajang kompetisi lari bergengsi. Dengan hadirnya pelari WNA membuat event ini semakin kompetitif dan tentunya menjadi ruang potensial bagi para atlet, baik profesional, senior maupun atlet muda hingga running enthusiast berlaga menunjukkan hasil latihan terbaik mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya