SOLOPOS.COM - Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi saat berada di babak perempat final Harum Energy Mens World Tennis Tour di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Jumat (30/6/2022). (Antara/HO/Harum Energy Mens World Tennis Tour)

Solopos.com, JAKARTA – Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi melaju ke babak semifinal Harum Energy Mens World Tennis Tour usai menaklukkan petenis Jepang Yuta Kawahashi di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Jumat (30/6/2023).

Di babak perempat final, petenis yang akrab dengan julukan Tole itu membalikkan kekalahan dari Yuta Kawahashi di set pertama menjadi rubber set 6-7(4), 7-6(6), 6-0.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Saya sangat senang bisa menang di rumah sendiri. Dengan dukungan yang ada, saya sangat bergairah,” kata Rifqi Fitriadi dikutip dari Antara.

Petenis berusia 24 tahun itu membuka laga dengan mengamankan servisnya. Namun, servis di game keduanya mampu dimanfaatkan lawan sehingga membukukan tiga game beruntun.

Tidak tinggal diam, petenis peringkat ke-695 dunia itu ganti mencuri servis lawan untuk menyamakan kedudukan. Pada tie break, ia mesti merelakan set pembuka jatuh ke genggaman lawannya, 6-7(4).

Pada set kedua, Tole tertinggal tiga angka lebih dahulu. Meski mampu menggarit satu servis, peraih emas tunggal SEA Games 2023 ini kecolongan dua bolanya di awal set. Ia pun berada di ujung tanduk, lawan kurang satu game saja, 5-2.

Empat match poin lawan berhasil digagalkan Tole. Bagai phoenix, atlet kelahiran Banjarmasin ini bangkit untuk berbalik unggul. Di bawah terik, empat game beruntun, termasuk dua break krusial, direngkuhnya. Hanya saja, ia tak dapat menuntaskan set ini lebih dini. Servis keenamnya terlepas. Untungnya, tie break dapat terkepal.

Tampil membara, Tole semakin menegaskan keunggulan di set penentuan. Berkat ketangguhan mental, petenis tunggal andalan Indonesia ini pun memberikan sekeping bagel buat lawan. Forehand ke sisi kiri pertahanan lawan pun menyudahi laga ini.

“Permainan tadi sangat lama, poin per poinnya. Satu poin saja, kamj bisa lima-enam kali rally. Sungguh, poin yang panjang. Perjuangan Yuta perlu diberikan applause pula. Ia bermain bersemangat juga. Lebih lagi, tidak mudah bermain panjang di sini sebab udara lembab serta cuaca panas,” ujar Rifqi Fitriadi.

Pada babak semifinal, Tole akan menghadapi unggulan ketiga petenis asal India S D Prajwal Dev. Meski lebih rendah lima puluh strip peringkat, pemain tim nasional ini unggul dalam rekor pertemuan mereka. Di arena yang sama, Tole mengandaskan peringkat 646 tunggal dunia itu pada babak pertama pekan ketiga ITF M25 Jakarta, April lalu.

“Saya akan berikan effort maksimal. Saya siap menang bersama supporter yang bergelora” tutur Rifqi Fitriadi.

Sementara itu, di babak semifinal lainnya mempertemukan wakil India Sidhant Bhantia yang merangkak dari babak kualifikasi melawan wakil Thailand Palaphoom Kovapitukted yang menempati unggulan keenam dalam ajang berlevel M15 ITF.

Pada babak delapan besar, Bhantia menundukkan kawakan asal Belanda, Thiemo de Bakker, 6-4 (ret). Sedangkan, Kovapitukted menyingkirkan wakil Australia, Mourani Bouzige usai berbalik unggul dalam tiga set, 3-6, 6-1, 6-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya