SOLOPOS.COM - Sabuk juara legenda tinju Muhammad Ali dari kemenangannya pada 1974 atas George Foreman. (Twitter @JimIrsay)

Solopos.com, JAKARTA—Sabuk juara legenda tinju Muhammad Ali dibeli oleh pemilik tim football Amerika Indianapolis Colts, Jim Irsay, seharga 6,18 juta dolar AS atau sekira Rp92,5 miliar. Sabuk itu diraih Muhammad Ali dari kemenangannya dalam pertarungan yang dijuluki Rumble in the Jungle atas George Foreman pada 1974.

Irsay, yang dikenal sebagai kolektor memorabilia, mengumumkan pembelian tersebut, Minggu (24/7/2022), melalui akun Twitter-nya. Dia mengatakan bangga menjadi pemilik sabuk bersejarah dalam tinju dunia World Boxing Council (WBC) itu.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Irsay mengisyaratkan barang tersebut mungkin akan ditampilkan dalam pameran koleksinya yang akan diadakan pada Agustus di Chicago serta pada September di Indianapolis.

Baca Juga: Tampil di Swiss, Petinju Indonesia Pukul KO Lawan Asal Italia

Dikutip dari AFP, Heritage Auctions mengatakan angka tersebut merupakan salah satu harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk barang memorabilia olahraga.

“Setelah beberapa jam menyaksikan dua penawar bolak-balik melewati sabuk ini, ini terbukti menjadi pertempuran yang layak untuk Rumble itu sendiri,” kata Direktur lelang barang olahraga Heritage Auctions, Chris Ivy, dalam laman resmi perusahaan lelang barang koleksi itu.

“Kami sangat senang dengan potongan sejarah tinju yang luar biasa ini-sejarah olahraga, sejarah budaya-menemukan seorang juru kunci yang luar biasa yang sekarang akan membaginya dengan seluruh dunia.”

Baca Juga: Azka Corbuzier dan Vicky Prasetyo Bakal Adu Tinju

Ali mengalahkan Foreman yang sebelumnya tak terkalahkan di Kinshasa, Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo) dengan KO ronde kedelapan untuk merebut kembali mahkota kelas berat dunia.

Ali, yang meninggal pada 2016 pada usia 74 tahun, mempertahankan mahkota WBC hingga kalah dari Leon Spinks pada 1978.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya