SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) memberikan arahan kepada tim nasional Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/1/2023), sehari jelang leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam. (ANTARA/HO-Kemenpora)

Solopos.com, JAKARTAPemain Timnas Indonesia diminta tidak egois saat melakoni leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1).

Pemain harus mengedepankan kerja sama dan kepentingan tim ketimbang ambisi perseorangan. Wejangan itu diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengingat pertandingan besok menjadi laga penting untuk menjaga peluang Indonesia lolos ke partai final.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

“Harapannya sekaligus menjadi harapan Bapak Presiden Joko Widodo yang dititipkan melalui saya, besok anak-anak harus bermain fokus,” ujar Menpora yang menyempatkan diri meninjau latihan Timnas Indonesia di SUGBK, Kamis (5/1/2023).

“Selain fokus juga harus kerja sama tim yang bagus dan tentu tidak ada kelihatan ego perseorangannya,” kata dia menambahkan.

Pesan Menpora seperti menangkap sentimen warganet yang menyoroti performa para pemain besutan Shin Tae-yong di fase penyisihan Grup A.

Sejumlah warganet menilai beberapa pemain banyak membuang peluang dan tampak egois bernafsu ingin menciptakan gol sendiri. Padahal ada banyak opsi ketika skuat Garuda berhasil menggiring bola hingga ke depan gawang lawan.

Kendati demikian, Menpora menilai Timnas Indonesia sudah menunjukkan perubahan signifikan dan disebutnya telah menyadari pentingnya kerja sama tim.

“Mereka timnas ini akhirnya sudah menyadari [kerja sama tim], saya mendapat informasi dari Ketum [PSSI Mochamad Iriawan], pelatih [Shin Tae-yong] bahwa ada perubahan dari anak-anak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya