SOLOPOS.COM - Logo Liga Inggris

Solopos.com, SOLO–Wasit video assistant referee (VAR) dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool mendapat sanksi lantaran berperan dalam kesalahan keputusan terkait gol Luis Diaz yang dianulir.

Dikutip dari sejumlah sumber, Senin (2/10/2023), Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) memberi hukuman kepada dua wasit VAR yakni Darren England dan Dan Cook.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Mereka dibebastugaskan dari tugas di laga Premier League atau Liga Utama Inggris berikutnya. PGMOL mengistilahkan mengistirahatkan mereka.

Sedianya England akan bertugas sebagai asisten wasit keempat di laga Nottingham Forest vs Brentford di City Ground Senin (2/10/2023) dini hari tadi. Sedangkan, Dan Cook semula dijadwalkan bertugas sebagai asisten wasit di laga Fulham vs Chelsea di Craven Cottage, Selasa (3/10/2023) dini hari.

Atas sanksi buntut dari masalah laga Tottenham vs Liverpool, kedua wasit tersebut tak bisa bertugas di pertandingan berikutnya. Tugas England diambil alih Craig Pawson, sedangkan Dan Cook bakal digantikan Eddie Smart.

Sebelumnya, wasit yang memimpin laga Tottenham vs Liverpool Simon Hooper mendapat kritikan tajam dari publik sepak bola karena keputusannya yang menganulir gol The Reds, Sabtu (30/9/2023) lalu.

Pada laga pekan ke-7 Premier League atau Liga Utama Inggris itu, Liverpool yang berstatus sebagai tim tamu kalah 1-2 atas dari tuan rumah Spurs. Dua pemain juga mendapat kartu merah, sehingga Liverpool praktis hanya bermain dengan sembilan pemain.

Simon Hooperpun disorot seusai menganulir gol kedua Liverpool yang diciptakan Luis Diaz pada menit 34. Fan Liverpool berharap wasit Tottenham vs Liverpool dijatuhi sanksi agar ke depan lebih berhatihati dalam mengambil keputusan di pertandingan.

Wasit menilai Diaz sesaat sebelum mencetak gol sudah berada di posisi offside.

Namun, ternyata berdasar video assistant referee (VAR) posisi Diaz onside sehingga mestinya golnya sah. Sayang, VAR itu gagal menghasilkan keputusan wasit yang benar.

Seandainya gol Diaz sah, Liverpool akan mampu memimpin lebih dulu 1-0. Itu bisa saja mengangkat motivasi skuad asuhan Jorgen Klopp untuk terus memperbesar keunggulan. Dengan demikian keputusan wasit yang keliru itu tentu merugikan Liverpool yang akhirnya kalah.

PGMOL selanjutnya mengakui ada kesalahan Simon Hooper. Menurut PGMOL, kekeliruan pengambilan keputusan menganulir gol Luis Diaz akibat human error.

Rupanya sebelumnya membuat keputusan keliru di laga Tottenham vs Liverpool, wasit Simon Hooper pernah mendapat sanksi.

Pada Agustus lalu di laga pembuka Manchester United vs Wolves, Simon Hooper diduga mengambil keputusan keliru yang membuat Setan Merah menang 1-0.

Ketika itu, menjelang bubar kiper Andre Onana melakukan kontak fisik dengan penyerang Wolves, Sasa Kalajdzic hingga membuatnya terjatuh. Namun, Simon Hooper tak memberikan hadiah penalti untuk Wolves.

Sang wasit malah memberi kartu merah kepada pelatih Wolves Gary O’Neill yang dinilai melakukan protes berlebihan. Andai saja wasit menghadiahi penalti, bisa saja pertandingan berakhir imbang 1-1.

Seusai pertandingan, petugas PGMOL Jon Moss meminta maaf kepada Gary O Neil setelah timnya dirugikan wasit.

Dampak dari kesalahannya ini, Simon Hooper diberi sanksi diistirahatkan di pekan kedua. Dia lalu ditugaskan menjalankan tugas VAR sebelum kembali ditugaskan sebagai wasit utama untuk kemenangan Liverpool atas Aston Villa. Itulah sanksi wasit yang memimpin Tottenham vs Liverpool.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya