SOLOPOS.COM - Bek Timnas Indonesia milik PSIS Semarang, Pratama Arhan. (Instagram @pratamaarhan8)

Solopos.com, SEMARANG — Pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan, resmi bergabung dengan klub asal Jepang, Tokyo Verdy. Sebelum Arhan, ada beberapa pemain Indonesia yang pernah berkarier di Jepang salah satunya pemain Persis Solo, Irfan Bachdim.

Kepindahan Arhan ke Tokyo Verdy diumumkan oleh klub Jepang itu serta PSIS Semarang. Melansir akun ofisial PSIS, Rabu (16/2/2022) Pratama Arhan, mengaku sangat bersyukur salah satu cita-citanya bermain di luar negeri telah terwujud dalam waktu dekat.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar PSIS dan kepada agennya hingga proses transfer berlanjar lancar. “Mohon doanya, PSIS tetap rumah saya di Indonesia,” kata dia.

Baca Juga: Mantap! Pratama Arhan Gabung Klub Liga Jepang

Sebelum Arhan bergabung dengan klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy, ternyata ada beberapa pemain Indonesia pernah merumput di Jepang. Salah satunya adalah Irfan Bachdim yang kini merupakan pemain Persis Solo.

Irfan Bachdim pernah merasakan kompetisi Liga Jepang saat bergabung dengan klub J-League 1, Ventforet Kofu pada 2014 lalu. Namun setelah tidak mendapatkan menit bermain di kompetisi kasta tertinggi, Irfan Bachdim kemudian bergabung dengan klub J-League 2, Consadole Sapporo, setahun kemudian.

Irfan Bachdim (Istimewa/Twitter @persisofficial) Persis Solo
Irfan Bachdim (Istimewa/Twitter @persisofficial)

Pemain kelahiran Amsterdam Belanda itu menemukan kembali performa terbaik dan sukses tampil sebanyak 95 pertandingan di musim perdana. Tercatat Irfan Bachdim juga mengemas 12 gol sepanjang musim 2015.

Lalu ada nama Stefano Lilipaly yang merupakan pemain Bali United di Consandole Sapporo tahun 2014. Namun Lilipaly tak menunjukan performa terbaik seperti saat Irfan Bachdim di klub itu. Lilipaly pun kembali ke Liga Belanda untuk bergabung dengan Telstar setahun kemudian.

Pada 2017 Lilipaly bergabung dengan Bali United hingga saat ini. Dia sukses membersamai Bali United juara Liga 1 pada 2019.

Baca Juga: Terkuak! PSIS Semarang Lepas Pratama Arhan ke Klub Jepang Secara Gratis

Jauh sebelum Irfan Bachdim dan Lilipaly, Ricky Yacobi menjadi pemain pertama Indonesia yang merumput di Jepang. Ricky bergabung bersama Matsushita Electric FC tahun 1988. Pemain kelahiran Medan itu merupakan bintang Arseto Solo setelah berhasil meraih juara Galatama 1987.

Namun saat bergabung dengan Matsushita Electric FC, Ricky Yacobi hanya bermain dalam enam pertandingan dengan catatan satu gol. Cuaca dingin di Jepang disinyalir menjadi besar Ricky Yacobi saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya