SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktif berolahraga. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Sebagian masyarakat memilih berolahraga pada malam hari karena sejumlah alasan, seperti tak memiliki waktu luang pada pagi dan siang karena bekerja.

Mereka berolahraga di gym, jogging, bermain bulu tangkis, atau lainnya. Lantas apakah olahraga pada malam hari itu baik untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Dulu, olahraga tidak disarankan dilakukan pada malam hari karena dikhawatirkan akan memberi efek pada kualitas tidur. Namun, sebenarnya olahraga malam tak masalah selama tak terlalu malam.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh melakukan aktivitas berat sekitar 1 jam menjelang tidur agar tidak mengganggu kualitas tidur. Hal tersebut didasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan.

Dikutip Solopos.com dari health.harvard.edu, Selasa (8/8/2023), para peneliti melakukan pemeriksaan atas 23 studi mengenai hubungan olahraga pada malam hari dengan kualitas tidur.

Hasilnya menunjukkan olahraga malam hari tidak memengaruhi atau membuat seseorang sulit tidur.

Partisipan yang berolahraga saat malam hari justru memiliki tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan yang tidak melakukannya.

Namun, ketika olahraga berat dilakukan kurang dari satu jam sebelum tidur, maka menyebabkan partisipan sulit tidur atau memiliki kualitas tidur yang buruk.

Selain dapat membantu tidur lebih nyenyak, olahraga di malam hari ternyata punya manfaat lain. Berikut beberapa manfaat olahraga saat malam:

Menurunkan tekanan darah

Dilansir FWD, sebuah studi dalam Journal of Strength Conditioning Research menemukan bahwa tekanan darah pada orang yang berolahraga di malam hari dapat turun 15% lebih banyak dibandingkan dengan yang berolahraga di pagi hari.

Menambah kekuatan otot

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan dan dimuat dalam Journal of Sports Science and Medicine, kinerja otot mencapai puncaknya pada saat sore dan malam hari.

Itu karena adanya fluktuasi pada kadar hormon dan suhu inti tubuh. Itulah alasannya berolahraga pada malam hari dianggap dapat memaksimalkan kekuatan ototmu.

Pada dasarnya, baik dilakukan pada pagi maupun malam hari, olahraga tetap baik untuk kesehatan asal memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Teratur sesuai jadwal yang telah dibuat.
  • Tidak melebihi kemampuan tubuh.
  • Tidak terlalu dekat dengan jarak waktu tidur.
  • Melakukan pemanasan dan pendinginan.
  • Melakukan olahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat, serta melindungi diri dengan polis asuransi kesehatan.

Ternyata olahraga pada malam hari juga bagus untuk kesehatan selama tidak mepet dari jam tidur. Bahkan, olahraga malam memberi manfaat lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya