SOLOPOS.COM - Watanya Wongopasi (Instagram)

Watanya Wongopasi menjadi perbincangan saat dia mendampingi Timnas Thailand di pinggir lapangan.

Solopos.com, SOLO – Indonesia sempat dipuji publik sepak bola dunia setelah federasi sepak bolanya, PSSI, menunjuk Ratu Tisha Destria, sebagai Sekjen PSSI hingga 2020.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Tisha berhasil mengalahkan 30 kandidat lain untuk menjadi Sekjen perempuan pertama sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Striker legendaris Bayern Munich, Giovane Elber, bahkan sempat memuji penunjukan perempuan 31 tahun tersebut.

Namun di Asia Tenggara ternyata bukan hanya Tisha yang mampu menjadi srikandi handal di sepak bola. Negara tetangga Indonesia, Thailand, juga mempunyai figur perempuan yang menduduki tempat krusial di federasi sepak bolanya. Watanya Wongopasi, nama perempuan itu, bahkan dipercaya menjabat beberapa posisi penting di Federasi Sepak Bola Thailand (FAT).

Watanya mengawali karier pada tahun 2016 dengan menjadi Manajer Timnas Thailand U-21. Perempuan berparas cantik ini juga baru saja mendampingi Thailand U-22 di Kualifikasi Piala AFC U-23. Watanya akan terus mendampingi Chenrop Samphaodi dkk. jika mereka lolos ke Piala AFC U-23 di Tiongkok 2018. Satu lagi, dia juga mengemban tanggung jawab berat untuk mendampingi Thailand di SEA Games 2017.

Watanya Wongopasi (Instagram)

Watanya Wongopasi (Instagram)

Siapa sebenarnya Watanya hingga FAT bisa sangat memercayainya? Perempuan 32 tahun ini adalah mantan reporter di sebuah stasiun televisi ternama di Thailand. Wajahnya sudah familiar di bagi masyarakat Negeri Gajah Putih. Keputusannya berkecimpung di FAT merupakan pengalaman pertamanya di dunia sepak bola. Di dunia jurnalisme, kiprahnya banyak dihabiskan di bidang komunikasi bisnis dan pertelevisian.

Namun, pengalamannya di bisnis komunikasi media yang justru menarik minat FAT untuk merekrutnya. Mantan pemimpin kantor berita Spring News ini dianggap bisa mengembangkan sisi bisnis agar Timnas Thailand semakin layak jual. Dilansir dari Vietgiatri, Watanya mengaku berambisi memajukan sepak bola Thailand meski pengalamannya di dunia bola masih minim.

“Saya meyakini bahwa saya akan sukses di pekerjaan ini. Saya tidak sendirian menjalani kewajiban nasional ini,” terang Presiden grup media News Network Corp Pcl. Itu.

Watanya juga diharapkan bisa menambah semangat para pemain saat berlaga di lapangan hijau. Sosoknya yang keibuan pun menjadi faktor yang membuat FAT memercayakan posisi manajer kepada Watanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya