SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Kroasia yang bermain untuk RB Leipzig Josko Gvardiol menjadi bek termahal di dunia. (Twitter @Gvardiol)

Solopos.com, JAKARTA–Peraih treble winners musim lalu Manchester City dikabarkan telah mengamankan kontrak bek muda potensial milik RB Leipzig, Josko Gvardiol.

Pakar transfer kenamaan Fabrizio Romano menyebut transfer Gvardiol terkait biaya kepindahan telah disepakati oleh kedua klub, Leipzig dan Manchester City.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Sebelumnya, RB Leipzig ingin mempertahankan Gvardiol pada musim panas ini dan tidak akan melepasnya di bawah nilai transfer 100 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun.

Gvardiol memang telah dikaitkan dengan klub-klub top Eropa dalam beberapa bulan terakhir, berkat performanya di Piala Dunia 2022.

Dia menjadi pemain penting saat tim nasional Kroasia berhasil meraih posisi tiga di kompetisi empat tahunan tersebut.

Sebelum Manchester City, Real Madrid juga dikabarkan tertarik kepada pemain berusia 21 tahun tersebut. Namun, rumor ketertarikan Real Madrid mulai berkurang dan kini Manchester City menjadi kandidat terkuat untuk mendapatkan tanda tangannya.

“Josko Gvardiol ke Man City, here we go! Kesepakatan tercapai terkait biaya antara City dan Leipzig,” tulis Romano melalui  akun Twitter pribadinya dikutip dari Antara, Kamis (20/7/2023).

Transfer bek 21 tahun itu tinggal selangkah lagi memperkuat City. Romano mengabarkan progres transfer sang pemain kini telah menyelesaikan tahapan pertama tes medis.

“Pahami bahwa Gvardiol telah menyelesaikan bagian pertama dari tes medis hari ini, kesepakatan hampir ditandatangani,” lanjut Romano.

Mengenai persyaratan pribadi, jurnalis asal Italia itu mengabarkan bek tim nasional Kroasia tersebut telah menyutujui persyaratan pribadi dengan klub asuhan Pep Guardiola tersebut sejak satu bulan yang lalu.

“Gvardiol menyetujui persyaratan pribadi satu bulan lalu dengan City,” ungkap Romano.

Gvardiol adalah produk akademi Dinamo Zagreb yang bergabung pada September 2010. Ia kemudian memperkuat tim muda Zagreb dari segala kelompok umur dan puncaknya debut di tim utama pada Oktober 2019 kala melawan HNK Gorica.

Gvardiol membela Leipzig selama dua musim. Bersama klub yang pada musim lalu finis pada peringkat tiga Liga Jerman itu ia tampil 87 kali di seluruh kompetisi.

Bek bertinggi 1,85 meter itu telah mencetak lima gol dan tiga assists serta meraih dua trofi DFB Pokal (2021/2022 dan 2022/2023) selama kariernya bersama Die Bullen.

Pada level tim nasional, Gvardiol memiliki 21 caps dengan timnas Kroasia dan menjadi pilar penting di lini pertahanan pada dua turnamen besar yaitu Euro 2020 dan Piala Dunia 2022 Qatar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya