SOLOPOS.COM - TA Musafri (hitam) saat mengikuti seleksi bersama PSS di Stadion Maguwoharjo, Jumat (6/12/2013). (JIBI/Harian Jogja/Arief Junianto)

Harianjogja.com, SLEMAN—Dua hari menggelar seleksi, Pelatih Sartono Anwar sudah hampir pasti menemukan arah pola permainan untuk PSS Sleman. Ketika dihubungi Harianjogja.com, eks pelatih Persisam Samarinda itu menjelaskan bahwa, ia tetap akan membawa pola permainan Persisam ke Maguwoharjo. Pola permainan yang akan dibawanya itu adalah pola umpan pendek yang cepat.

Jelas ini sangat berbeda dengan karakter permainan PSS selama ini yang banyak mengandalkan permainan bola panjang. Menurut Sartono, permainan dengan pola umpan pendek yang cepat tepat diterapkan di PSS, mengingat postur tubuh pemain PSS memang sangat mendukung untuk itu.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Selain itu, dirinya juga mengaku merupakan tipe pelatih yang menginginkan permainan pasti. Menurutnya, permainan dengan memanfaatkan umpan pendek dinilai bisa lebih pasti ketimbang harus memakai bola panjang. “Apalagi bola panjang itu juga lebih menguras tenaga,” ucapnya kemarin.

Oleh karena itu, di tiga latihan pertamanya, ia memang sepertinya ingin melihat kemampuan pemain sayap PSS. Baginya, untuk memeragakan pola permainan pendek yang cepat, dibutuhkan pemain sayap yang memiliki kecepatan dan taktik individu yang baik.

Tak hanya itu, ia juga berencana untuk menumpuk pemain di lini tengah. Hal ini lantaran ia tak sepakat untuk mencari sosok playmaker yang menjadi jenderal lapangan tengah. Baginya, dengan menumpuk pemain tengah, tim bisa menjadi lebih fleksibel dengan formasi apapun. Itulah sebabnya, dalam latihan selanjutnya, ia akan mencoba pemain untuk menempati posisi yang bukan merupakan posisi aslinya. “Misalnya pemain yang biasa di bek, akan saya coba di sektor sayap.

Saya ingin pemain tak hanya mampu bermain di satu posisi saja,” tegasnya. Sejauh ini, dirinya mengaku kebutuhan tim memang merata di semua posisi. Akan tetapi, dalam waktu dekat ini, pelatih asal Semarang ini sepertinya akan lebih fokus pada pengisisan posisi gelandang. Setidaknya ia akan mencari dua orang gelandang bertahan dan seorang
gelandang serang.

Terpisah, Manajer PSS Suparjiono mengatakan bahwa akhir pekan ini sudah akan ada keputusan terkait hasil seleksi pemain baru. Setidaknya ada beberapa pemain baru yang mengikuti seleksi termasuk di antaranya adalah eks striker Perseman Manokwari, TA Musafri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya