SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto (kiri) memberikan instruksi kepada pemain saat pemusatan latihan di Lapangan B, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2024). (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA — Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memprioritaskan pemain dengan tinggi minimal 175 sentimeter (cm) untuk mengisi skuadnya. Seleksi pemain timnas U-16 ini pun saat ini telah memasuki gelombang tiga yaang dimulai sejak 25-28 Februari 2024.

Nova mengaku kriteria pemain yang diinginkan untuk mengisi skuad Timnas Indonesia U-16 adalah yang memiliki postur badan tinggi. “Kriteria yang pasti, tinggi badan ya karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia, tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm,” ujar Nova dilansir dari laman pssi.org, Senin (26/2/2024).

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Pelatih kelahiran Semarang, 4 November 1978 itu menambahkan saat ini dirinya tengah menyiapkan gen untuk tim nasional masa depan di timnas U-16. “Saya menyiapkan gen tim nasional ke depan depan postur yang tinggi. Karena alasannya, minimal pemain itu akan naik 1 cm per tahun,” jelas pria yang juga menjadi asisten Shin Tae-yong di skuat timnas senior itu.

“Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm. Dia akan naik sekitar [minimal] 4 cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun. Karena tinggi pemain di umur 20 [tahun] itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm,” ujarnya.

Faktor yang mendasari Nova untuk mencari pemain tinggi adalah pengalamannya di Piala Asia 2023. Kala itu, Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia. Hal tersebut, cukup menjadi kendala dalam memberi perlawanan di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya