SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah), bersama Dirut PT LIB Ferry Paulus, dan pejabat PT Emtek. (Istimewa/ligaindonesiabaru.com).

Solopos.com, SOLOPSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga 1 secara resmi tetap bekerja sama dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek).

Dikutip dari laman resmi PT LIB selaku operator Liga 1, ligaindonesiabaru.comKamis (15/6/2023), Indosiar dan aplikasi Vidio.com yang dinaungi Emtek akan menyiarkan secara langsung semua pertandingan Liga 1 musim 2023/2024.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Sementara, kompetisi Liga 1 musim depan dipastikan bergulir pada 1 Juli 2023. Total akan ada 314 pertandingan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan musim sebelumnya karena adanya perubahan format.

Untuk Liga 1 2023/2024, PSSI memastikan format berubah dengan adanya babak regular series dan championship series.

Babak regular series akan tetap melakoni pertandingan kandang dan tandang (home and away) selama 34 pekan. Sementara, pada championship series, empat klub yang berada di posisi klasemen teratas pada babak regular series akan bertanding memperebutkan gelar juara sejati untuk memperebutkan slot pada AFC Champions League dan AFC Cup.

Kebijakan promosi dan degradasi juga kembali akan diberlakukan pada musim ini. Diyakini kebijakan ini akan menjadikan kompetisi yang diikuti 18 klub papan atas di tanah air tersebut akan semakin kompetitif.

“Kami selalu berusaha agar kompetisi Liga 1 2023/24 bergulir lebih menarik, kompetitif, menjunjung tinggi fair play, dan bisa bersaing di level internasional. Karena itu, kami akan melakukan beberapa perubahan regulasi untuk mewujudkannya. Kami sangat memahami bahwa kompetisi yang baik akan menghasilkan pemain timnas yang berkualitas. Kami butuh dukungan dan komitmen semua pihak. Mari berikan yang terbaik buat sepak bola Indonesia,” kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam keterangannya.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus akan berusaha maksimal agar kompetisi lebih berkualitas dan bisa bersaing di level internasional.

“Musim baru Liga 1 Indonesia akan hadir dengan sederet inovasi dalam format dan sistem yang semakin kompetitif dan seksi dalam spirit industrialisasi sepak bola nasional. Di luar itu, semua klub telah bersepakat dengan terobosan-terobosan yang sesuai dengan arahan PSSI. Animo publik pun sangat luar biasa menyambutnya. Kami akan berupaya maksimal menjadikan Kompetisi Liga 1 2023/2024 sebagai hiburan berkelas bagi pencinta sepak bola Indonesia serta tentunya menjadi kebanggaan kita bersama,” ulas Ferry Paulus.

Terkait hak siar pertandingan, Liga 1 musim depan PSSI dan LIB memastikan akan tetap bekerja sama dengan Emtek. Oleh karena itu, seluruh pertandingan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air akan disiarkan langsung Indosiar dan Vidio.com.

“Hak siar Liga 1 musim ini masih menjadi milik Emtek Group. Semoga dengan kembali akan bergulirnya Liga 1 2023/2024 menjadi pemicu kebangkitan di segala aspek, termasuk aspek ekonomi,” imbuh Ferry Paulus.

Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad, menyampaikan Indosiar sebagai rumah sepak bola Indonesia sangat antusias menyambut bergulirnya kembali Liga 1 2023/2024.

Dia berterima kasih kepada PSSI dan LIB atas kerja sama yang telah berlangsung dengan baik selama ini.

Harsiwi menyatakan Indosiar berkomitmen terus mendukung kemajuan dunia sepak bola tanah air. Itu dibuktikan lewat konsistensi menghadirkan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia ini sejak musim 2018 lalu.

“Kami yakin Liga 1 musim ini akan menjadi kompetisi yang patut ditunggu dan disaksikan. Itu karena sistem pertandingan yang baru, diberlakukannya kembali skema degradasi, serta waktu kick off yang sudah pasti, ditambah ingar bingar serunya suporter dari berbagai penjuru daerah yang menyaksikan langsung maupun melalui layar kaca Indosiar,” ujar Harsiwi Achmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya