SOLOPOS.COM - Bola Al Hilm menggantikan Al Rihla di semifinal dan final Piala Dunia 2022. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, JAKARTA—Babak semifinal dan final Piala Dunia 2022 akan menggunakan bola baru bernama Al Hilm.

FIFA mengumumkan babak semifinal dan final Piala Dunia 2022 bakal memakai bola yang berbeda dari fase sebelumnya. Jika pada fase grup hingga perempat final bola Al Rihla (perjalanan) yang dipakai, mulai babak semifinal bola Al Hilm (impian) yang akan dipergunakan.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Dilansir dari laman resmi FIFA, Al Hilm adalah bola canggih yang didesain dengan teknologi mutakhir. Ada teknologi Connected Ball dalam bola Al Hilm yang diproduksi oleh Adidas ini.

Baca Juga: Hancur Lebur Neymar setelah Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Teknologi ini sebelumnya tak ada di bola Al Rihla. “Connected Ball” menghubungkan bola dengan data posisi pemain. Inovasi ini memberikan data instan kepada Video Match Officials (VMO) untuk membantu pengambilan keputusan wasit.

Data bola yang ditangkap dengan sensor IMU, kemudian akan membantu kinerja wasit untuk mendukung sistem offside semiotomatis. Hal ini diprediksi menghilangkan keraguan atas keputusan yang diambil oleh wasit.

Direktur Teknologi dan Inovasi Sepak Bola FIFA Johannes Holzmuller mengatakan keputusan wasit akan lebih presisi dengan teknologi canggih dalam bola Al Hilm.

Baca Juga: Waduh! Messi Terancam Absen Lawan Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022

“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi tambahan yang penting tersedia bagi ofisial pertandingan video. Data dari bola membuka wawasan baru,” ucap Johannes.

Bola Al Hilm dirancang dengan memperhatikan unsur peduli lingkungan. Bola ini adalah yang pertama kali dibuat hanya dengan tinta dan lem berbahan dasar air. Desain bola ini didominasi warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus.

Gambaran dari bola Al Hilm terinspirasi dari padang pasir yang berkilauan di wilayah sekitar Doha, Qatar.

Baca Juga: Inggris Habis, Begini Nasib Negara Pendukung LGBT di Piala Dunia 2022

“Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia,” kata Manajer Umum Sepak Bola Adidas, Nick Craggs.

Bola ini akan digunakan pada partai semifinal Piala Dunia 2022. Laga semifinal pertama Piala Dunia 2022 digelar pada 14 Desember pukul 02.00 WIB mempertemukan Kroasia vs Argentina di Lusail Stadium Al Daayen. Semifinal kedua mempertandingkan Prancis melawan tim penuh kejutan Maroko pada 15 Desember pukul 02.00 WIB di Al Bayt Stadium Al Khor.

Sedangkan babak final Piala Dunia 2022 dihelat 18 Desember pukul 22.00 WIB di Lusail Stadium Al Daayen. Namun sehari sebelumnya dimainkan perebutan juara ketiga di Khalifa International Stadium Ar-Rayyan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya