SOLOPOS.COM - Stadion Manahan (JIBI/Dokumen)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 780 personel keamanan disiagakan di laga semifinal Divisi Utama Liga Indonesia (DU-LI) 2013 di Stadion Manahan, Minggu (8/9) sore. Pengamanana ekstra ketat dilakukan Panpel pertandingan guna menciptakan suasana kondusif dan mencegah kerusuhan antarsuporter.

Hal itu disampaikan Koordinator Panpel pertandingan Solo, Paulus Haryoto, saat ditemui wartawan di Balai Persis Solo, Sabtu (7/9/2013).

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Semifinal DU LI, kata Paulus diikuti empat tim terbaik. Di laga yang disiarkan televisi swasta tersebut, Persikabo Bogor bakal menghadapi Persebaya Surabaya pukul 15.30 WIB. Selanjutnya, Persik Kediri menantang Perseru Serui pukul 19.00 WIB.

Saat bertanding di Stadion Manahan, masing-masing tim tak berjuang sendiri. Mereka diperkirakan akan memperoleh dukungan dari suporter setianya. Sebanyak 3.000-5.000 suporter Persik Kediri dikabarkan siap datang ke Kota Bengawan.

Sementara sekitar 500 suporter Persebaya yang akrab disapa Bonek juga akan mendatangi Manahan. Persikabo Bogor didukung penuh 1.000 suporter setianya. Sedangkan, ratusan pendukung Perseru Serui juga menyatakan akan hadir ke Stadion Manahan.

“Total 780 anggota keamanan itu berasal dari Polri, TNI dan keamanan internal. Petugas keamanan ini disesuaikan dengan kebutuhan. Kami berharap, kondisi Kota Solo tetap kondusif,” kata Paulus Haryoto.

Paulus mengatakan ratusan petugas keamanan itu akan disebar di setiap pintu masuk stadion. Fokus utamanya, yakni merazia penonton yang membawa benda-benda berbahaya, seperti senjata tajam, botol dan benda berbahaya lainnya. Jika ditemukan benda berbahaya, petugas akan menyita.

“Kami juga akan memisah tempat duduk suporter. Persik Mania akan ditempatkan di tribune utara. Bonek berada di tribune selatan. Sedangkan, suporter Persikabo dan Perseru Serui menyebar di tribune timur dan VIP,” katanya. (Ponco Susono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya