SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman (tengah), Pratama Arhan (kanan), dan Asnawi Mangkualam (kiri) berselebrasi usai menjebol gawang Timnas Singapura dalam pertandingan Semi Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). (Antara/Humas PSSI)

Solopos.com, JAKARTA — Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, optimistis timnya akan meraih kemenangan atas Singapura pada laga semifinal leg kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021). Kendati demikian, Shin Tae-yong, enggan timnya meraih kemenangan melalui drama adu penalti.

“Pada leg pertama, baik kami dan Singapura sama-sama bekerja keras. Namun, bagi kami, hasilnya mengecewakan. Kami akan lebih berusaha keras di leg kedua,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman Internet resmi PSSI, Jumat (24/12/2021).

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Shin Tae-yong pun optimistis skuatnya mampu mengatasi perlawanan Singapura. Ia bahkan menargetkan Timnas Indonesia unggul di waktu normal, tanpa melakoni laga melalui drama adu penalti.

Baca juga: Leg I Semifinal Piala AFF 2020 Singapura vs Indonesia Berakhir 1-1

“Saya tidak memikirkan tentang pertandingan berlanjut ke adu penalti, meski kemungkinan ke itu terjadi ada juga. Tapi tidak boleh sampai adu penalti,” tambahnya.

Drama adu penalti memungkinan terjadi dalam semifinal Piala AFF 2020 yang digelar dengan format dua leg. Hal itu dikarenakan, meski digelar dengan format dua leg, semifinal Piala AFF tidak mengenal regulasi gol tandang maupun gol kandang. Hal ini pun membuat adu penalti bakal digelar jika hasil dua laga berakhir dengan skor imbang.

Shin Tae-yong juga menyebut jika penampilan Singapura di semifinal leg pertama jauh lebih baik daripada saat penampilan di babak penyisihan. Singapura mengakhiri babak penyisihan dengan status runner up Grup A, setelah meraih tiga kemenangan dan sekali kalah dari Thailand.

Sementara itu, skuat Garuda, atau Timnas Indonesia, lolos ke babak semifinal dengan predikat juara Grup B, setelah unggul agregat gol dari Vietnam yang harus puas menempati posisi runner up grup.

Baca juga: Lawan Singapura, Timnas Indonesia Tak Boleh Lengah

“Menurut saya performa para pemain Singapura terlihat lebih baik saat semifinal leg pertama daripada ketika di penyisihan gurp. Kami harus bisa menahan pergerakan nomor 9 [Ikhsan Fandi] dan juga nomor 15 [Song Ui-young]. Dia sangat bersemangat. Kami juga harus memperhatikan dua stopper mereka nomor 21 [Saifuwan Baharudin] dan nomor 17 [Irfan Fandi]. Kami harus lebih berhati-hati dan menjaga pertahanan dengan baik,” jelas pelatih asal Korea Selatan itu.

Pada semifinal leg pertama Piala AFF 2020 yang berlangsung di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021) malam, Timnas Indonesia harus puas ditahan imbang Singapura dengan skor 1-1. Sempat unggul pada menit ke-28 melalui Witan Sulaeman, Indonesia harus puas berbagi angka setelah Singapura menyamakan kedudukan melalui sepakan Ikhsan Fandi pada menit ke-70.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya