SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/anneahira.com)

Solopos.com, SOLO–Dua wakil Asia Tenggara, Filipina dan Vietnam gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2023 setelah langkah mereka terhenti di penyisihan grup.

Timnas sepak bola wanita Filipina harus menerima kenyataan terhenti di babak penyisihan Grup A Piala Dunia Wanita 2023 setelah sempat membuat kejutan. Filipina menyusul Vietnam yang juga tersingkir dari ajang akan tersebut.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Sebelumnya Filipina mengalahkan tuan rumah, Selandia Baru, pada laga kedua Grup A. Saat itu wakil Asia Tenggara tersebut menang tipis 1-0 di Stadion Regional Wellington, Selandia Baru, Selasa (25/7/2023).

Gol kemenangan Filipina dicetak Sarina Bolden pada menit ke-24 melalui sundulan dari jarak dekat. Ini merupakan kemenangan pertama Filipina dalam sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia Wanita.

Hasil ini sekaligus membuat Filipina menjadi tim Asia Tenggara kedua yang meraih kemenangan di Piala Dunia Wanita. Skuad asuhan Alen Stajcic itu mengikuti jejak Thailand yang melakukannya pada edisi 2015 di Kanada.

Ketika itu Thailand menjungkalkan Pantai Gading dengan skor 3-2 di babak penyisihan Grup B.

Dikutip dari akun Instragram resmi penyelenggara Piala Dunia Wanita 2023, fifawomensworldcup, Minggu (30/7/2023), Filipina menjadi juru kunci Grup A dengan mengemas tiga poin. Dari tiga laga yang dijalani, Filipina dua kali kalah dan satu kali menang.

Kekalahan Filipina terjadi saat melawan Swis dengan skor 0-2 dan Norwegia dengan skor 0-6.

Vietnam juga berada di dasar klasemen Grup E. Wakil dari Asia Tenggara itu sudah melakoni dua laga. Kedua laga diakhiri dengan kekalahan. Masih ada satu laga tersisa, tetapi Vietnam sudah dipastikan tak lolos ke babak berikutnya.

Setelah menang melawan Selandia Baru, Filipina sebenarnya berpeluang lolos jika menang melawan Norwegia pada laga terakhir babak penyisihan grup.

Jika seri, Filipina masih bisa lolos sebagai runner up grup apabila Selandia Baru kalah dari Swiss di laga terakhir. Sayangnya, harapan itu gagal terwujud setelah Filipina justru menelan kekalahan telak dari Norwegia.

Bermain di Eden Park, Auckland, Selandia Baru, Minggu (30/7/2023) sore WIB, Filipina kalah dengan skor 0-6.

Tidak butuh waktu lama, Norwegia sudah membuka keunggulan saat laga baru berjalan enam menit. Gol dicetak oleh Sophie Roman Haug lewat sepakan kaki kiri usai menerima umpan silang rekannya.

Norwegia berpesta pada laga itu. Skuad Norwegia menciptakan enam gol tanpa bisa dibalas satu gol pun oleh Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya