SOLOPOS.COM - Arkhan Kaka (Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, JAKARTA–Arkhan Kaka sedang menjadi sorotan lantaran membuat pencinta sepak bola Tanah Air terkejut seusai dipulangkan dari pemusatan latihan (TC) timnas U-17 Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023, intip ulasan tentang sepak terjangnya selama ini!

Bola mania Tanah Air terkejut mendapat informasi Arkhan Kaka dipulangkan dari pemusatan latihan (TC) timnas U-17 Indonesia.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Itu tak heran lantaran dalam pemahaman publik Arkhan Kaka adalah penyerang andalan skuad Garuda Muda selama ini. Dia sukses membawa timnas U-16 menjuarai Piala AFF 2022 lalu.

Pemain muda binaan Persis Solo Youth itu juga tampil mengesankan pada kualifikasi Piala Asia 2023 meski akhirnya Indonesia tak lolos ke putaran final. Dia penyumbang gol terbanyak untuk skuad Merah Putih saat itu.

Dengan profil atau catatan apik seperti itu tentu membuat publik kaget mengapa Arkhan Kaka dipulangkan.

Informasi awal yang beredar Arkhan Kaka dicoret dari skuad timnas U-17. Namun, informasi itu buru-buru dibantah pelatih timnas U-17 Indonesia Bima Sakti.

Dia memastikan Arkhkan Kaka tidak dicoret, tetapi hanya dipulangkan ke klubnya, Persis Solo, karena sebelumnya sudah ada kesepakatan dengan klub.

Lantas bagaimana sepak terjang Arkhan Kaka yang membuat pencinta bola Tanah Air berharap dia dipertahankan di timnas U-17? Berikut ini ulasannya.

Arkhan Kaka menjelma menjadi striker haus gol. Pemain bernama lengkap Arkhan Kaka Putra Purwanto itu mampu menunjukkan ketajaman sebagai ujung tombak yang dapat diandalkan pada ajang level Asia dan Asia Tenggara sebelumnya.

Selama Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Oktober 2022 lalu, misalnya, pemuda kelahiran Blitar, 2 September 2007 tersebut total mengoleksi tujuh gol.

Arkhan Kaka menempati peringkat kedua dalam daftar top skor Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dia hanya tertinggal satu gol dari pemuncak klasemen top skor Nestory Irankunda (Australia) dan Wang Yudong (China).

Selama Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, pemain bertinggi badan 186 cm itu mencetak empat gol ke gawang Guam, dua gol ke gawang UEA, dan mencetak gol semata wayang ke gawang Malaysia.

Arkhan Kaka juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti. Ia sukses meraih gelar juara pada turnamen Piala AFF U-16 2022 di Jogja, 31 Juli hingga 12 Agustus 2022 lalu. Arkhan Kaka tercatat mencetak dua gol dalam turnamen itu.

Arkhan Kaka merupakan putra Purwanto Suwondo. Naluri haus gol Arkhan Kaka diperoleh dari sang ayah yang notabene mantan striker Arema Indonesia dan Persebaya Surabaya. Purwanto juga sempat menjadi pemain Timnas Indonesia.

Arkhan Kaka mengawali sepak bola di kota kelahirannya, Blitar. Performa apiknya membawanya bergabung dengan tim junior Bhayangkara FC, sebelum ke Persis Solo. Bersama Laskar Sambernyawa, Arkhan Kaka terikat kontrak lima tahun.

Demikian sepak terjang Arkhan Kaka yang diharapkan pencinta bola Tanah Air tetap masuk dalam skuad timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya