SOLOPOS.COM - Logo Liga 1 (Liputan6)

Solopos.com, BADUNG — Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terbaru terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 tentang Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali. Kebijakan itu tersebut tertuang dalam bentuk Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 01/2022.

Dalam Inmendagri terbaru itu menjelaskan peraturan dan kebijakan dalam banyak hal yang harus dipatuhi oleh masyarakat. Aturan itu merinci kegiatan sosial, budaya, pendidikan, sampai dengan keolahragaan secara menyeluruh. Termasuk mengatur rencana diadakannya penonton di perhelatan BRI Liga 1 2021/2022.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Dalam poin kedelapan di Inmendagri itu dijelaskan kebijakan khusus yang mengatur rencana adanya penonton di penyelenggaraan pertandingan Liga 1. Pada poin ke-4 bahwa akan dilakukan uji coba pertandingan Liga 1 dengan menerima penonton langsung di stadion.

Baca Juga: Dihantam Covid-19, Liverpool Ingin Duel Lawan Arsenal Ditunda

Namun dengan ketentuan yakni uji coba dilakukan pada satu pertandingan setiap pekan, jumlah penonton maksimal 25% dari kapasitas stadion atau paling banyak 5.000 orang. Hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk di stadion, dan pertandingan yang dilakukan uji coba dengan penonton ditentukan oleh PSSI dan PT LIB.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam rilis Liga Indonesia Baru, Rabu (5/1/2021) sore menegaskan pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah itu. Iriawan mengatakan semua ketentuan tentang penyelenggaraan pertandingan sepak bola selalu menyesuaikan dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah.

“Kami selalu patuh dan taat pada ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Termasuk dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola Liga 1 yang rencananya akan dihadiri oleh penonton. Detail yang akan ditentukan dalam rencana itu juga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang terbaru,” tegas Mochamad Iriawan.

Peraturan

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menginformasikan, pihaknya jauh hari telah merencanakan untuk menyelenggarakan pertandingan dengan penonton terbatas pada penyelenggaraan Seri 4 BRI Liga 1 2021/2022. LIB juga sudah membuat peraturan khusus untuk penonton atau pendukung tim yang bisa masuk ke dalam stadion. Peraturan itu juga sudah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah.

“Beberapa peraturan yang wajib dipatuhi contohnya penonton harus sudah melakukan tes swab antigen dengan hasil negatif dan sudah masuk dalam aplikasi PeduliLindungi. Penonton dan siapa pun yang bisa masuk ke dalam stadion, harus sudah mendapatkan vaksin dua kali. Tanpa kecuali,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga: Jelang Hadapi Persija, PSIS Kenalkan Pemain Asing Baru, Ini Sosoknya

Dia mengatakan saat ini telah dimatangkan terkait sistem dan detail pengaturan rencana adanya penonton di stadion. Di antaranya tentang aplikasi yang dipakai, jumlah yang bisa hadir di stadion, sampai dengan pengaturan tempat penonton duduk di dalam stadion.

“Insya Allah pada pekan depan sudah ada penonton dalam pertandingan BRI Liga 1 2021/2022. Tentu dalam jumlah yang terbatas dan penerapan prokes yang ketat. Kami meminta dukungan semua pihak agar bisa patuh dan disiplin. Ini merupakan hajatan kita bersama. Dibutuhkan tanggung jawab dan komitmen bersama untuk bisa memuluskannya,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya