SOLOPOS.COM - Pelatih timnas sepak bola U-22 Indonesia, Indra Sjafri, memberi keterangan pers terkait perkembangan anak-anak asuhnya menjelang laga uji coba sebagai persiapan menuju SEA Games 2023 Kamboja, Kamis (13/4/2023). (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLO—Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri terpilih sebagai salah satu dari 25 peserta FIFA Technical Leadership Diploma yang baru diluncurkan di Brasil, pekan ini.

Indra bergabung dengan direktur teknik terpilih lainnya dari asosiasi anggota dan konfederasi dari seluruh dunia di Kompleks Pelatihan Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) di Rio de Janeiro untuk kloter pertama dari kursus selama 18 bulan.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Dikutip dari laman resmi PSSI, pssi.org, Minggu (21/5/2023), FIFA Technical Leadership Diploma bertujuan menjadikan kualifikasi yang diakui secara global untuk pemimpin teknik yang bekerja dalam permainan dan akan mempersiapkan peserta untuk tantangan dan peluang berbeda yang dihadapi oleh anggota federasi dalam asosiasi.

Lima area domain inti akan mencakup  Technical Leadership, High Performance, Coach Education, Amateur Football, dan Management

“Saya merasa terhormat dan beruntung bisa mengikuti kursus yang luar biasa ini melalui perwakilan saya di sana. Kami belajar tentang kepemimpinan, bagaimana membuat rencana strategis berdasarkan budaya kita dan menciptakan identitas sepak bola nasional. Brasil adalah contoh luar biasa dari hal ini. Dalam 18 bulan ke depan saya berharap dapat meningkatkan kapasitas saya sebagai direktur teknik sekaligus mengembangkan jaringan, serta menghadirkan Indonesia di dunia internasional,” ujar Indra Sjafri.

Sementara itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi, menilai direktur teknik dalam sebuah federasi memegang peranan yang sangat penting untuk terus meningkatkan kualitas permainan dan pengembangan sepak bola. Oleh karena itu, kursus ini sangat diperlukan oleh Direktur Teknik PSSI.

Direktur Pengembangan Sepak Bola Global FIFA Steven Martens menyambut Indra ke Technical Leadership Diploma dengan senang hati.

Dia menyebut peran technical leader sangat penting untuk masa depan sepak bola sehingga harus mendapatkan pengakuan yang lebih besar.

“Selama beberapa tahun terakhir, FIFA telah bekerja sama dengan asosiasi anggota untuk mengembangkan sejumlah program, seperti Talent Development Scheme [TDS],” ulas Steven.

Dia melanjutkan keberhasilan implementasi program-program ini bergantung pada kepemimpinan direktur teknik. Pihaknya ingin mendukung, mengembangkan, dan bekerja sama dengan direktur teknik untuk membantu mereka menjadi yang terbaik dan, sebagai hasilnya, membantu mengembangkan sepak bola.

Kualifikasi yang diakui secara global untuk Direktur Teknik FIFA Technical Leadership Diploma adalah kualifikasi pertama dari jenisnya dan bertujuan untuk menjadi kualifikasi yang diakui secara global untuk pemimpin teknis yang bekerja dalam permainan.

“Saat ini, tidak ada satupun penghargaan atau akreditasi yang memungkinkan seseorang menjadi direktur teknik dalam asosiasi anggota,” ujar Kepala Kepemimpinan Teknis FIFA Jamie Houchen.

“Jika Asosiasi Anggota ingin merekrut Direktur Teknik, tidak ada tolok ukur kualitas. Kami percaya FIFA Technical Leadership Diploma akan menjadi kualifikasi yang diakui secara global untuk direktur teknik dan menghasilkan lulusan dengan kualitas terbaik untuk memimpin sepak bola di seluruh dunia,” tambahnya.

Setelah lokakarya enam hari di Brasil, 25 peserta akan memulai proyek pribadi mereka sendiri yang berfokus pada konteks unik mereka sendiri serta mengikuti program pembelajaran online.

Kelompok ini akan bertemu lagi selama enam hari di Jepang pada Desember dengan dua acara tatap muka berikutnya pada 2024.

Daftar 25 peserta FIFA Technical Leadership Diploma :

-Ricardo Leao – Brazil FA
-Aabed Alansari – Bahrain FA
-Ross Awa – Guam FA
-Indra Sjafri – Indonesia FA
-Bassem Mohamad – Lebanese FA
-Carles Romagosa – Thailand FA
-Bhekisisa Boy Mkhonta – Estawini FA
-Benjamin Kumwenda – Malawi FA
-Jaqueline Shipanga – Namibia FA
-Walter Steenbok – South African FA
-Ali Mwebe – Uganda FA
-Lyson Zulu – Zambia FF
-Ivan Novella – Colombian FF
-Anton Corneal – Trinidad and Tobago FA
-Luis Castro – Argentina FA
-Stipe Pletikosa – Croatia FF
-Kay Cossington – English FA
-Janno Kivisild – Estonian FA
-Marians Pahars – Latvian FF
-Diana Bulgaru – Moldova FA
-Andrew Gould – Scottish FA
-Lili Bai – Asian Football Confederation
-Jayne Ludlow – Manchester City (Women)
-Patricia Gonzalez – FIFA
-Buman-Uchral Bold – Mongolian FF

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya