SOLOPOS.COM - Direktur Utama PT SHA Aryo Hidayat Adiseno (dua dari kiri) beserta jajaran berfoto bersama Sekda Solo Ahyani (tiga dari kiri) dalam launching SHA Run For Solo 2023 di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (25/5/2023) siang. (Espos/Ichsan Kholif Rahman)

SOLO—Pendaftaran lomba lari SHA Run For Solo 2023 telah dibuka sejak 19 Juni hingga 31 Agustus 2023 mendatang.

Dalam event lari internasional yang digelar pada 17 September 2023 itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengajak masyarakat mengikuti kegiatan ini.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Mas Wali sapaan akrabnya menyebut dalam misi memajukan sport tourism di Solo, Pemkot Solo bersama SHA Foundation menggelar event skala internasional SHA Run for Solo.

“Segera registrasi untuk menikmati nuansa berlari di heritage Solo,” kata Gibran, Kamis (20/7/2023).

Event ini bakal melibatkan 5.000 pelari lokal, nasional, hingga mancanegara. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Pemkot Solo dan PT SHA Solo melalui SHA Foundation. Total hadiah yang disediakan penyelenggara mencapai Rp500 juta.

Sebelumnya, SHA Run For Solo telah di-launching oleh Direktur Utama PT SHA Aryo Hidayat Adiseno beserta jajaran, Sekda Solo, Ahyani, Kadispora Solo, Rini Kusumandari.

Direktur Pemasaran PT. SHA, Aris Nuryanto mengatakan SHA Run For Solo 2023 bertujuan membawa perubahan taraf hidup atau ekonomi masyarakat Solo. SHA Foundation juga fokus memperhatikan taraf hidup kaum duafa lewat berbagai program.

Sedangkan event lari dengan ribuan peserta akan membawa kemanfaatan ekonomi seperti sektor UMKM, perhotelan, hingga masyarakat lain. Aris mengatakan kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan kolaborasi dengan Pemkot Solo.

SHA Run For Solo 2023 juga fokus pada sektor tourism yakni heritage atau budaya di Solo. Para pelari akan diajak melewati rute-rute tempat bersejarah dan ikon Kota Solo.

“Masyarakat di luar Solo supaya tahu budaya Kota Solo seperti saat melintas di Mangkunegaran,” kata Aris.

Project Director SHA Run for Solo 2023, Rindrapuri, mengatakan event ini terbagi dalam empat kategori meliputi lari 5K Umum, 5K Pelajar, 10K, dan 21K atau half maraton.

SHA Solo sejalan dengan visi Wali Kota Solo yakni memasukkan Kota Solo dalam jaringan Creative City Network dan menjadikan Solo sebagai pusat sport tourism.

Dengan membawa semangat Solo Heritage Amazing Run bakal semakin memperkuat citra Solo sebagai ikon kebudayaan berbasis kreatif.

“Dengan rekam jejak kesuksesan perhelatan event olahraga level interasional di Solo, serta menggandeng Pandara Sport sebagai Race Organizer, kami yakin SHA Run for Solo 2023 mampu menjadi event tahunan yang menarik antusiasme pencinta lari di Indonesia,” ulas Rindrapuri.

Ia menginformasikan lari akan dimulai dan berakhir di Stadion Manahan. Dari lokasi itu lalu melewati kawasan Stadion Sriwedari, Benteng Vastenburg, Balai Kota Solo, Pasar Gede, Solo Safari, Taman Makam Pahlawan, Taman Monumen 45, Stasiun Balapan, dan Monumen Pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya