SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Egy Maulana Vikri dalam jumpa pers sebelum laga terakhir Grup D Piala Asia Qatar 2023 melawan Jepang, Selasa (23/1/2024). (pssi.org)

Solopos.com, DOHA — Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak gentar menghadapi Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 yang sangat menentukan nasib Indonesia, di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Sementara itu gelandang Egy Maulana Vikri menyatakan Skuad Garuda “sangat lapar” menyambut laga prestisius melawan Jepang.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Shin Tae-yong tidak menampik fakta bahwa Jepang merupakan tim nomor satu di Asia pada saat ini.

Berdasarkan ranking FIFA, per Desember 2023 Jepang menempati peringkat 17, atau tertinggi di antara negara-negara Asia lainnya.

Sementara Indonesia berada di posisi 146 dunia (proyeksi 142 setelah menang 1-0 atas Vietnam).

Jepang yang berjuluk Samurai Biru juga rutin tampil di Piala Dunia sejak tahun 1998.

Mereka tidak pernah absen dalam tujuh edisi terakhir yakni 1998, 2002, 2006, 2010, 2014, 2018, 2022.

Di Piala Asia, Jepang juga jadi pengoleksi gelar terbanyak. Mereka menjadi juara sebanyak empat kali pada tahun 1992, 2000, 2004 dan 2011.

Namun Shin Tae-yong berharap para pemain timnas Indonesia tidak inferior dengan data mengerikan milik Jepang.

Shin Tae-yong menyebut level sepak bola Indonesia sudah berkembang ke arah yang benar.

“Tentu saja, Jepang adalah tim tertinggi di AFC, tim nomor satu. Mungkin ini akan menjadi pertarungan yang sulit bagi kami, tetapi kami ingin menunjukkan penampilan yang bagus. Sejauh ini kami sudah menyiapkan dengan baik, dan saya ingin menunjukkan bahwa bola sepak Indonesia telah berkembang dengan baik,” kata Shin Tae-yong.

Hal senada disampaikan gelandang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri. Pemain asal Dewa United FC tersebut sudah tidak sabar untuk unjuk gigi di hadapan tim terbaik Asia, yang diperkuat pemain-pemain bintang seperti Takefusa Kubo, Wataru Endo, dan Kaoru Mitoma.

“Sebagai pemain, kami sudah siap. Kami ingin menunjukkan penampilan kami yang terbaik. Kami tidak bisa menunggu lagi untuk bermain melawan salah satu tim terbaik di Asia. Kami sangat menantikan pertandingan melawan Jepang. Semua pemain juga sangat ‘lapar’ untuk itu. Karena itu, kami siap untuk bermain. Jadi, kemenangan atas Vietnam di laga sebelumnya sangat membantu dan sangat bermakna bagi kami. Jadi, karena itu, semua pemain siap untuk bermain besok,” tandasnya.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia harus bermain habis-habisan untuk mendapat poin dalam laga terakhir Grup D Piala Asia Qatar 2023 versus Jepang, Rabu (24/1/2024) petang WIB.

Pasalnya, dua tim pesaing di jalur peringkat tiga terbaik, Syria dan Palestina, sukses meraih kemenangan atas lawan masing-masing.

Syria mengalahkan India 1-0 sedangkan Palestina menghajar Hong Kong 3-0.

Gol Palestina dibuat oleh Oday Dabbagh dua kali masing-masing di menit ke-12 dan 60 sedangkan gol lainnya diciptakan Zeid Qunbar di menit 20.

Dengan kemenangan besar ini Palestina menjadi runner up di Grup C.

Uni Emirat Arab kini berada di posisi teratas tim berperingkat tiga terbaik, disusul Syria, Bahrain dan Indonesia.

Posisi Indonesia masih terancam karena ada Oman yang bakal menjalani laga pamungkas pada Kamis (25/1/2024).

Sementara Timnas Garuda bakal menjalani laga hidup mati versus Jepang pada Rabu (23/1/2024).

Jika menahan imbang Samurai Biru maka Indonesia besar kemungkinan bakal lolos sembari menunggu hasil laga Oman vs Kirgistan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta Skuad Garuda tampil habis-habisan.

Meski Jepang berada di posisi nomor 17 dunia, sepak bola bukan hitungan matematis.



“Untuk apa kalian di sini (Qatar)? Bukan untuk makan pagi. Kita di sini untuk berjuang membawa nama bangsa dan negara, lakukan yang terbaik,” tandas Erick Thohir saat menyambangi hotel tempat Timnas menginap di Doha, Qatar.

Pelatih Shin Tae-yong optimistis bisa lolos Babak 16 Besar Piala Asia.

Ia meminta dukungan dari rakyat Indonesia agar Garuda bisa terbang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya