SOLOPOS.COM - Shin Tae-yong (Twitter @PSSI)

Solopos.com, HANOI—Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memperlihatkan tekel-tekel keras pemain Vietnam Doan Van Hau pada laga leg 1 semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam.

Shin memperlihatkan permainan kasar pemain Vietnam tersebut di akun Instagram pribadinya @shintaeyong7777 pada Minggu (8/1).

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Pada unggahan Shin itu terdapat dua cuplikan video pertandingan Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta dan Vietnam vs Malaysia pada penyisihan Grup B Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium.

Shin mencantumkan keterangan dalam unggahannya itu. “Tidak boleh “usaha para pemain” yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit.  Wasit dan pemain harus fairplay sama-sama dan saya berharap semoga tidak lagi ada kejadian seperti ini.”

Sebelum Vietnam dan Indonesia bersua di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, sosok Doan Van Hau mendapatkan sorotan karena dianggap beberapa kali bermain keras baik di fase grup dan leg pertama babak empat besar di Jakarta, tetapi lolos dari jerat kartu wasit.

Akan tetapi, saat laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 kontra Indonesia di My Dinh Stadium, Hanoi, Senin (9/1) malam, pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo lega lantaran tidak ada yang cedera serius yang melibatkan Doan Van Hau.

Meski begitu, sempat ada dua momen Doan Van Hau, yang berposisi bek kiri, dan bek kanan Indonesia Asnawi Mangkualam berbenturan. Salah satunya bahkan mengakibatkan beberapa pemain, termasuk pelatih Park Hang-seo sendiri, terprovokasi.

Doan Van Hau dan Asnawi Mangkualam pun mendapatkan masing-masing satu kartu kuning pada laga yang dimenangkan Vietnam dengan skor 2-0 itu. Kedua gol Vietnam dicetak oleh penyerang Nguyen Tien Linh.

Hasil positif tersebut membawa Vietnam melaju ke final Piala AFF 2022. Itu menjadi final keempat Vietnam sepanjang sejarah Piala AFF setelah 1998, 2008 dan 2018. Dari tiga partai puncak itu, Vietnam dua kali keluar sebagai kampiun yakni pada 2008 dan 2018.

Di final Piala AFF 2022, Vietnam akan menghadapi pemenang dari semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya