SOLOPOS.COM - Indonesia mengawali Piala Asia U-20 2023 dengan kekalahan setelah dilibas Irak 0-2 yang bermain 10 orang sejak menit ke-45 pada laga pembuka Grup A di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023)  malam WIB. (AFC)

Solopos.com, TASHKENT—Pelatih tim U-20 Indonesia Shin Tae-yong mengungkap penyebab kekalahan timnya 0-2 dari Irak pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023. Dia memastikan pemainnya tidak putus asa dengan kekalahan tersebut.

Indonesia dilibas Irak 0-2 meski diuntungkan dengan kartu merah yang diterima Charbel Shamoon sejak menit 45 dan gagalnya tendangan penalti yang dieksekusi kapten Irak Abdulrazzaq Qassim pada laga di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023)  malam WIB.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Gol Irak tercipta pada menit ke-28 melalui Hayder Abdulkareem dan 90+6 lewat Mohammed Jameel.

“Pada turnamen seperti ini, pertandingan pertama sangat penting, maka tentu saja pertandingan-pertandingan berikutnya akan sangat sulit. Tapi kami tidak akan menyerah, kami datang kemari untuk memenangi pertandingan, bukan sekadar berpartisipasi,” kata Shin Tae-yong pada konferensi pers setelah pertandingan, dilansir dari Antara.

“Tentu saja akan sangat sulit untuk pertandingan kedua. Namun saya harus membawa atmosfer yang bagus ke dalam tim. Saya tidak akan membawa atmosfer buruk ke tim,” tambahnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu tidak mau mengambinghitamkan suhu pertandingan yang dingin sebagai penyebab kekalahan tim asuhannya.

“Dan untuk masalah cuaca yang dingin, itu berbeda dengan cuaca di Indonesia. Jika Anda bilang kita kalah karena cuacanya dingin, itu hanya akan menjadi alasan. Maka menurut saya masalahnya adalah kurangnya konsentrasi,” tambahnya.

Tim U-20 Indonesia saat ini menghuni posisi terakhir Grup A dengan nol poin, sama dengan tim Suriah yang juga takluk 0-2 dari Uzbekistan pada laga pertamanya. Dua posisi teratas dihuni oleh Irak dan tuan rumah Uzbekistan.

Garuda Nusantara hanya memiliki waktu tiga hari untuk mempersiapkan diri, sebelum pada Sabtu (4/3) memainkan pertandingan kedua fase grup menghadapi Suriah di tempat yang sama. Garuda Muda akan menyelesaikan fase grup dengan bertemu Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Fergana, pada Selasa (7/3) mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya