SOLOPOS.COM - Empat atlet pencak silat dari Jawa Tengah peraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. (Twitter/@ganjarpranowo).

Solopos.com, SOLO–Cabang olahraga (cabor) pencak silat menjadi juara umum di SEA Games 2023 Kamboja dengan mengoleksi sembilan medali emas, enam perak, dan satu perunggu (disebut prestasi 961) dari 17 nomor yang diikuti.

Prestasi itu merupakan buah dari proses panjang yang telah dijalani insan pencak silat yang terlibat.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (16/5/2023), raihan prestasi 961 merupakan lompatan prestasi yang sangat tinggi. Raihan medali itu lebih banyak dibandingkan dengan medali yang diperoleh pada ajang yang sama sebelumnya.

Prestasi 961 bukan suatu kebetulan dan tiba-tiba, tetapi merupakan hasil dari komitmen terhadap keunggulan, perencanaan yang sistemik, dan upaya yang terfokus dari seluruh stakeholders yang terlibat di dalamnya.

Terutama, upaya diplomasi intensif yang dilakukan Presiden PERSILAT dan Ketua Umum PB IPSI, Prabowo Subianto, setelah SEA Games 2021 Vietnam yang digelar tahun lalu.

Diplomasi dilakukan karena pencak silat awalnya tidak dipertandingkan di Kamboja. Namun dengan beberapa poin komunikasi antar PERSILAT, National Olympic Committee (NOC Indonesia), dan Cambodia SEA Games Organizing Committee (CAMSOC), maka pada Juli 2022 pencak silat remi dipertandingkan.

Prestasi 961 dicapai dengan komitmen insan pencak silat dan PB IPSI dengan semboyan Rebut Kembali Juara Umum ke Pangkuan Ibu Pertiwi. Atlet merupakan salah satu aktor utamanya.

Mereka berproses dengan segenap jiwa raga, mereka bejuang dibalut darah dan keringat, dan tidak pernah surut hasrat untuk terus menempatkan bendera Merah putih diposisi teratas.

“Seolah tidak ada pengorbanan yang mereka lakukan, justru kehormatan yang mereka dapatkan. Beruntung rasannya bisa menyaksikan itu semua. Bangga, respek dan salute untuk ksatria hebat yang bahu membahu merebut kembali juara umum,” kata pelatih kepala tim pencak silat Indonesia SEA Games 2023 Kamboja, Indro Catur Haryono dalam keterangannya.

Dia menyebut keberhasilan memang tidak selalu genap. Selalu ada peristiwa yang membuat tidak sempurna. Namun harus berhikmah dan hikmah itu harus menjadi pelajaran.

“Salam hormat dan terima kasih Bapak Prabowo Subianto, teman sejawat di PB IPSI jangan pernah lelah untuk jayanya olahraga Indonesia,” sambung Indro.

Berikut daftar atlet pencak silat peraih medali SEA Games 2023 Kamboja

9 Medali Emas

Regu Putra
-Asep Yuldan S
-Rano Slamet N
-Anggi Faisal M

Tunggal Putri
-Puspa Arum S

Kelas A putra
-Khoirudin Mustakim

Kelas B Putra
-M. Zaki Zikrillah

Kelas E Putra
-Tito Hendra SK

Kelas F Putra
-Iqbal Chandra Pratama

Kelas B Putri
-Safira Dwi M

Kelas C Putri
-Jeni Elvis Kause

Kelas D Putra
-Atifa Fismawati

6 Medali Perak

Ganda Putri
– Riska Hermawan
-Ririn Rinasih

Kelas U-45 Putri
-Suci Wulandari

Kelas U-45 Putra
-Bayu Lesmana

Kelas C Putra
-M. Yachser A

Kelas D Putra
-Kadek Andre N P

Kelas E Putri
-Nia Larasati

1 Medali Perunggu

Kelas I Putra
– Ronaldo Neno

Non Medali
Tunggal Putra
– Syarif Hidayatullah

Team Official
– Manager
-Letkol Wahyo Yuniartoto



Head Coach
-Indro Catur H

Coach Tanding
-Abas Akbar
-Fentje Maekom
-Istiar Fidia I
-Fery Hendarsin

 Coach TGR
-Tulus Priyadi
-Iskandar

Pendukung
-Masseur Putra
-Eko W

Masseur Putri
-Susilah

Analisa Perform
-Ari Faisal

Dokter
-Fits

Psikolog
-Letkol Yosua
– Letda Samurya

Admin
-Adi







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya