SOLOPOS.COM - Logo Asian Games 2022 Hangzhou. (Instagram/ag2022official).

Solopos.com, JAKARTAKontingen Indonesia di ajang multicabang olahraga Asian Games Hangzhou 2022, 23 September-8 Oktober 2023 mendatang, akan diperkuat 415 atlet.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pada konferensi pers yang berlangsung di komplek Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Kami akan memberangkatkan atlet sebanyak 415 orang dan ofisial 161 orang. Untuk APG (Asian Para Games) kami akan berangkatkan 134 atlet dan ofisial berjumlah 62 orang,” kata Menpora Dito dikutip dari Antara.

Menpora Dito menjelaskan memasang target 12 medali emas di ajang Asian Games Hangzhou dan kontingen Indonesia diharapkan dapat menduduki posisi delapan besar.

“Memang untuk perolehan target di 2023 itu akan di bawah (Asian Games) 2018 karena ketika itu kita tuan rumah. Kita punya cabang olahraga silat yang memberi kontribusi hampir 50% medali,” tambah Menpora Dito.

Untuk Asian Games 2022, pencak silat dipastikan tidak dipertandingkan sehingga kontingen Indonesia memasang target sewajarnya.

Menpora Dito melanjutakan penetapan jumlah atlet yang diberangkatkan ke Asian Games Hangzhou dilakukan melalui beberapa tahapan.

Dari penjaringan awal diperoleh 600 atlet, namun setelah dilakukan penilaian oleh tim review dan mempertimbangkan potensi untuk meraih delapan hingga 12 medali emas, maka jumlah final ditetapkan 415 atlet.

Raihan 12 medali emas dipastikan tidak akan mudah, sebab level persaingan berkelas Asia. Meski demikian, Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Games Hangzhou Basuki Hadimuljono meyakini para atlet Indonesia akan berjuang maksimal untuk mencapai hasil yang ditetapkan.

“Ini tidak ringan karena ditargetkan beberapa medali emas. Tapi saya yakin atlet kita sudah bersiap untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia,” ujar Basuki.

Untuk ajang Asian Para Games 2022, Indonesia akan mengirimkan 134 atlet untuk berpartisipasi pada 12 cabang olahraga.

CdM Asian Para Games 2022 Angela Tanoesoedibjo mengatakan pihaknya dibebani target menduduki peringkat sepuluh besar, dengan raihan 20 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya