SOLOPOS.COM - Yura Yunos vs Marselino Ferdinan (AFF Cup 2022)

Solopos.com, KUALA LUMPURIndonesia memiliki kans memuncaki klasemen Grup A Piala AFF 2022 jika mampu menang besar melawan Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur Malaysia, Senin (26/12) pukul 18.00 waktu Malaysia atau 17.00 WIB.

Indonesia mengawali turnamen ini dengan kemenangan 2-1 atas Kamboja dan diprediksi berpesta gol ke gawang Brunei yang sebelumnya menelan kekalahan telak 0-5 dari Thailand dan 1-5 atas Filipina.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Kemenangan besar sangat berpengaruh dalam posisi Indonesia di klasemen Grup A Piala AFF 2022. Kemenangan tipis atas Kamboja menempatkan Indonesia di posisi ketiga klasemen di bawah Thailand dan Filipina, meski sama-sama mengemas tiga angka.

Baca Juga: Jadwal Piala AFF 2022 Hari Ini: Brunei vs Indonesia, Thailand vs Filipina

Jika dilihat dari posisi klasemen, peluang Indonesia untuk meraih kemenangan memang cukup terbuka. Pesta gol ke gawang Brunei bahkan dicanangkan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang berkesempatan mengawal perjalanan Indonesia yang tandang ke Negeri Jiran Malaysia.

Meski mempunyai peluang untuk pesta gol, pelatih Indonesia Shin Tae-yong tidak mau gegabah dan tetap menyiapkan tim terbaik untuk menghadapi tim yang baru saja kembali ke pentas Piala AFF setelah 26 tahun.

Rotasi pemain dipastikan dilakukan oleh pelatih asal Korea Selatan itu mengingat pada laga pertama melawan Kamboja hanya menang tipis 2-1 dan diwarnai kartu kuning pemain naturalisasi Jordi Amat di laga debutnya. Selain itu striker murni timnas juga belum menunjukkan tajinya.

Baca Juga: Marc Klok Buru Hadiah Natal saat Indonesia Hadapi Brunei di Piala AFF 2022

Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri merupakan pemain yang menorehkan namanya di papan skor saat menghadapi Kamboja. Namun nama Muhammad Rafli yang menjadi stiker murni belum bisa berbuat banyak termasuk pemain naturalisasi Ilija Spasojevic.

Saat menghadapi Brunei, nama Rachmat Irianto yang pada laga melawan Kamboja tidak diturunkan muncul ke permukaan. Pemain Persib Bandung itu dipastikan menjadi satu dari 11 pemain inti yang bakal diturunkan Shin Tae-yong.

Rachmat Irianto bisa saja mengisi posisi Jordi Amat yang tampil bagus saat lawan Kamboja karena tenaga pemain naturalisasi ini sangat dibutuhkan saat timnas melawan Thailand di Jakarta, Kamis (26/12) mengingat ia sudah mengantongi satu kartu kuning. Atau bahkan bisa ditarik lebih ke depan.

Baca Juga: Prediksi Piala AFF 2022 Brunei vs Indonesia, Garuda Pesta Gol

Menang memang harga mati bagi Indonesia demi menyodok ke papan atas klasemen. Apalagi dua tim teratas Grup A yang juga menjadi rival utama pada kejuaraan sepak bola terbesar di Asia Tenggara yakni Thailand dan Filipina juga akan bersua di hari yang sama.

Jika Indonesia menang atas Brunei Darussalam dengan banyak gol, Egy Maulana Vikri bisa mengambilalih posisi puncak klasemen dari Thailand dan memperbesar peluang lolos ke babak berikutnya. Hanya saja posisi tersebut bisa saja berubah tergantung hasil pertandingan Thailand melawan Filipina.

Meski Brunei Darussalam sebelumnya kalah dua kali beruntun bukan berarti akan menyerah begitu saja atas Indonesia. Pelatih Mario Rivera maupun sang kapten Hendra Azam sudah menunjukkan tekadnya untuk memberikan yang terbaik bagi timnya meski di atas kertas tim lawan unggul secara kualitas.

Baca Juga: Misi Brunei Hanya Ingin Cetak Gol Lawan Indonesia di Piala AFF 2022

Satu gol yang dicetak Brunei Darussalam saat menghadapi Filipina bakal dijadikan motivasi tersendiri saat menghadapi Indonesia. Gol tersebut dinilai sangat berharga karena menunjukkan adanya perkembangan bagi tim yang lolos ke Piala AFF melalui tahapan play off itu.

“Kebobolan 10 jelas berpengaruh pada mental pemain, tapi kami terus berkembang. Bagi kami satu gol itu bisa menjadi penyemat kami untuk kembali bisa mencetak gol pada pertandingan besok [lawan Indonesia],” kata kapten Brunei Darussalam, Hendra Azam, seperti dilansir dari Antara.

Begitu juga dengan sang Pelatih Mario Rivera. Menurut dia, pihaknya laga laga melawan Indonesia merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi timnya yang baru saja kembali. Untuk itu pihaknya berusaha menyiapkan tim terbaik.

Baca Juga: Temui Iwan Bule, Suporter Indonesia di Malaysia Dukung Garuda di Piala AFF 2022

 

Dukungan Suporter

“Bisa berada di Piala AFF 2022 adalah kesuksesan. Kita perlu menggunakan turnamen ini untuk mengembangkan pemain. Saya bangga dengan pemain kami, tetapi suporter harus realistis. Pemain kami belum sanggup tampil 90 menit dalam intensitas tinggi,” katanya.

Meski bermain di Negeri Jiran Malaysia, Marcelino Ferdinan dan kawan-kawan dipastikan mendapatkan suntikan semangat dari suporter. Betapa tidak, ratusan bahkan ditengarai ribuan suporter akan hadir di stadion dengan kapasitas 15.000 penonton itu.

Bahkan koordinasi antar suporter yang memang tinggal di Malaysia maupun yang datang langsung dari Indonesia juga sudah dilakukan. Harapannya mereka bisa mendukung penuh tim asuhan Shin Tae-yong dalam mengejar tiga poin atas Brunei Darussalam.



Baca Juga: Timnas Indonesia ke Malaysia Pakai Pesawat Carter, Shin Tae-yong Senang

“Kehadiran suporter jelas sangat baik bagi kami. Makanya kami akan berusaha memberikan yang terbaik,” kata salah satu pemain timnas Indonesia, Rachmat Irianto.

Keinginan Rachmat Irianto untuk memberikan hasil terbaik saat hadapi Brunei bukan tanpa alasan mengingat banyak kekurangan di dalam timnas terutama saat menang tipis atas Kamboja meski banyak peluang terjadi.

Evaluasi memang sudah dilakukan pelatih Shin Tae-yong pasca kemenangan tipis di laga perdana. Dengan demikian laga melawan Brunei Darussalam bisa saja menjadi ajang pembuktian hasil evaluasi yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya