SOLOPOS.COM - Bukayo Saka merayakan gol saat Inggris membatai Iran 6-2 pada laga perdana Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion International Khalifa, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOInggris memiliki peluang palaing baik dalam skenario tim lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari Grup B. 

Matchday ketiga atau terakhir penyisihan grup akan digelar mulai Selasa (29/11/2022) malam dan Rabu (30/11) dini hari WIB. Satu hari memainkan empat pertandingan dari dua grup.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Dua pertandingan di satu grup dimainkan dalam waktu bersamaan, yaitu pukul 22.00 WIB untuk partai pertama dan pukul 02.00 WIB untuk partai kedua.

Baca Juga: Skenario Grup A Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022: Belanda & Ekuador Terdepan

Laga penentuan Grup B digelar pada Rabu (30/11) pukul 02.00 WIB. Iran akan melawan Amerika Serikat (AS) di Al Thumama Stadium Doha dan Wales menghadapi tim tetangga Inggris di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

Seluruh tim di grup ini masih memiliki kesempatan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022, dengan Inggris menjadi tim dengan kans paling besar. Inggris hanya membutuhkan hasil seri saat bertemu Wales untuk menyusul Prancis, Brasil dan Portugal yang telah lolos duluan.

Saat ini Three Lions berada di puncak klasemen dengan poin 4, disusul Iran di posisi kedua dengan poin 3. AS menempati peringkat ketiga dengan poin 2 dan Wales di juru kunci dengan poin 1.

Baca Juga: Daftar Tim Lolos 16 Besar dan Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Dalam menentukan tim yang lolos jika terjadi poin sama dalam klasemen akhir, akan ditentukan dengan urutan sebagai berikut: selisih gol grup secara keseluruhan, gol yang dicetak, hasil head to head (H2H) dan selisih gol pada semua pertandingan tim yang poinnya sama.

Kemudian gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama, poin fair play dan terakhir adalah melalui mekanisme undian.

 

Berikut skenario Grup B lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022:

>Inggris lolos ke babak 16 besar jika menang atau imbang lawan Wales.

>Iran lolos ke babak 16 Besar jika menang lawan AS. Iran tetap lolos ke 16 besar meski imbang lawan AS, dengan catatan Wales gagal menang. Iran menjadi juara grup jika Inggris gagal menang lawan Wales.

>AS wajib menang lawan Iran untuk lolos ke babak 16 Besar. AS akan menjadi juara grup jika menang lawan Iran dan Inggris kalah dari Wales.

>Wales harus menang lawan Inggris dan berharap Iran vs Amerika berakhir imbang agar lolos ke 16 besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya