SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia merayakan gol. (pssi.org)

Solopos.com, SINGAPURA – Indonesia vs Singapura pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020 berakhir dengan skor 2-2 di waktu normal. Pertandingan pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021) malam WIB, Indonesia mendapat peluang apik pada menit keenam. Ricky Kambuaya mendapat umpan matang dari Witan Sulaeman di kotak penalti. Sayang sepakan Kambuaya masih melebar tipis.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Indonesia mampu mencetak gol pada menit ke-12. Berawal dari pergerakan Witan Sulaeman yang mampu melewati pemain Singapura. Bola kemudian disodorkan ke Ezra Walian yang berada di mulut gawang. Ezra pun mampu mencocor bola yang berhasil mengoyak gawang lawan. Indonesia unggul 1-0.

Baca Juga: Diwarnai Kartu Merah, Indonesia vs Singapura 1-1 di Babak Pertama

Indonesia nyaris menambah keunggulan tiga menit kemudian. Kambuaya mendapat umpan dari Asnawi Mangkualam. Tapi tendangan Kambuaya belum menemui sasaran.

Singapura sendiri justru kesulitan untuk menembus pertahanan Indonesia. Mereka bahkan tak mampu menciptakan peluang emas hingga menit ke-30. Serangan-serangan mereka lebih banyak digagalkan oleh para pemain bertahan Indonesia yang memang tampil sigap.

Pada menit ke-37, Indonesia mendapat peluang dari tendangan bebas. Namun eksekusi Ramai Rumakiek bisa ditangkap kiper lawan. Tiga menit berselang giliran Singapura yang mengancam. Beruntung Nadeo masih sigap menepis bola tendangan Hafiz Nor.

Di masa injury time, Singapura kehilangan pemain setelah Safuwan Baharudin mendapat kartu kuning kedua. Namun, kalah jumlah pemain justru membuat Singapura menyamakan kedudukan. Song berhasil memanfaatkan kemelut di mulut gawang untuk menaklukkan Nadeo. Skor 1-1 bertahan hingga jeda turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua, Indonesia yang unggul jumlah pemain mencoba menyerang sejak awal. Peluanh didapat pada menit ke-48, tendangan Kambuaya masih melambung di atas gawang. Tak berselang lama, giliran tendangan Ezra yang masih menyamping.

Pada menit ke-59, tendangan Rizki Ridho membentur mistar gawang. Singapura membalas lewat serangan balik cepat. Shahwal melakukan tendangan jarak jauh yang masih melambung tipis.

Menit ke-66, Singapura kembali mendapat hukuman kartu merah. Kali ini Irfan Fandi yang diusir wasit setelah melanggar Irfan Jaya yang lolos dan tinggal berhadapan dengan kiper. Irfan Jaya yang mengeksekusi tendangan bebas hasil dari pelanggaran tersebut, masih membentur pagar hidup.

Baca Juga: Susunan Pemain Indonesia vs Singapura: Ezra Ujung Tombak, Egy Cadangan

Justru Singapura yang berbalik unggul pada menit ke-75. Shahdan Sulaiman mampu menaklukkan Nadeo lewat tendangan bebas ciamik. Indonesia bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-87. Pratama Arhan mampu menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan bola muntah di kotak penalti.

Tapi dua menit kemudian, Arhan menjadi penyebab Singapura mendapat hadiah penalti setelah melanggar pemain lawan di kotak terlarang. Beruntunt eksekusi Faris Ramli bisa digagalkan Nadeo. Skor 2-2 bertahan hingga waktu normal habis. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo, Fachruddin, Dewangga, Ridho, Arhan, Asnawi, Irianto, Kambuaya, Ramai, Witan, Ezra

Singapura: Hassan, Safuwan, Nur Adam, Irfan, Hami, Harris, Zulqarnaen, Song, Shahdan, Hafiz, Amy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya