SOLOPOS.COM - Slemania (JIBI/Harian Jogja/dok)

Slemania menyambut baik adanya sanksi FIFA terhadap PSSI

Harianjogja.com, SLEMAN – Kelompok suporter pendukung PSS Sleman, Slemania menilai positif adanya suspensi FIFA terhadap sepakbola Indonesia.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Slemania memandang, dijatuhkannya sanksi FIFA bukan berarti iklim sepakbola di Tanah Air bakal tamat sampai di sini.

Ketua Slemania Lilik Yulianto menegaskan, justru sanksi dari induk organisasi sepakbola sejagat itu menjadi momentum untuk melakukan revolusi kompetisi yang lebih baik.

“Sanksi yang diberikan kepada Indonesia atas intervensi pemerintah terhadap PSSI seharusnya dijadikan titik tolak dalam perbaikan pengelolaan sepakbola Indonesia,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (2/6/2015).

Lebih lanjut dia menjelaskan, kondisi  harus bisa dijadikan momen untuk perbaikan sistem persepakbolaan mulai dari pembinaan remaja, kompetisi profesional sampai dengan pembentukan tim nasional.

”Kondisi ini harus dimanfaatkan oleh semua pihak untuk membantu PSSI terlepas dari praktek-praktek kecurangan sepakbola yang selama ini membayangi,” tandasnya.

Lilik optimistis sanksi oleh FIFA terhadap persepakbolaan Indonesia bisa menjadi awal bangkitnya sepakbola Tanah Air yang selama ini dikuasai oleh segelintir orang.

Selama ini dia dan suporter yang lain sudah begitu muak dengan keringnya prestasi Timnas Garuda dalam percaturan kejuaraan internasional. Dia menuding nir prestasi Indonesia selama hampir 15 tahun ini disebabkan oleh pengelolaan sistem sepakbola Indonesia yang amburadul.

Kendati  Liga Indonesia cukup baik di kawasan Asia, hanya saja prestasi Timnas tak ada apa-apanya bila disejajarkan dengan negara Asia lainnya yang cepat melakukan perubahan, baik kompetisi maupun Timnasnya.

”Timnas tidak pernah menang di setiap pertandingan internasional padahal kemampuan pemain kita sangat bagus,” cetusnya.

Atas dasar itulah Lilik menegaskan, sanksi FIFA justru menjadi pilihan guna melanjutkan agenda reformasi total manajemen dan sistem di PSSI.

“Kami dukung perbaikan pesepakbolaan Indonesia demi kemajuan prestasi sepakbola nasional,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya