SOLOPOS.COM - Tim SMK ST Mikael keluar sebagai juara Liga Solo setelah mengalahkan SMA Warga dengan skor 47-42 dalam partai puncak Liga Solo di Sritex Arena, Kamis (3/8/2023) malam WIB. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – SMK ST Mikael berhasil keluar sebagai juara Liga Solo 2023 Divisi Utama setelah mengalahkan SMA Warga dengan skor 47-42 dalam partai final di GOR Sritex Arena Solo pada Kamis (3/8/2023) malam WIB. Gelar juara ini sekaligus membuat SMK Mikael menyandang gelar Back to Back Champions Liga Solo.

Di partai puncak, GOR Sritex Arena penuh sesak oleh suporter kedua tim  dan para pencinta basket di Kota Solo. Bahkan, ribuan orang terpaksa tidak bisa masuk ke tribune Sritex Arena karena kapasitas yang sudah penuh.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Sebelum partai final, Liga Solo menggelar laga ekshibisi antara All Stars Liga Solo melawan The Stars. Artis Augie Fantinus dan bintang basket Indonesia seperti Samuel Devin, Ary Sapto, Bryan Max, dan Tifan Pradita tampil dalam ajang ini.

Di partai final Liga Solo 2023, laga paling ketat terjadi di kuarter keempat. SMA Warga hanya terpaut satu poin dari SMK Mikael. Itu terjadi setelah tembakan-tembakan tiga angka SMA Warga menghasilkan poin. Namun, sejumlah foul dari SMA Warga, membuat SMK Mikael mampu menjaga keunggulan.

Meskipun takluk dari SMK Mikael, SMA Warga yang meloloskan dua tim ke partai puncak berhasil keluar sebagai juara tim putri menumbangkan SMA Regina Pacis dengan skor telak 83-16.

Sementara itu, di perebutan juara ketiga putra Liga Solo 2023, tim SMA PNK berhasil menang 39-33 dari SMA Insan Cendekia. Sedangkan juara ketiga putri juga diraih SMA PNK setelah mengalahkan SMAN 3 Solo dengan skor 19-14.

Pelatih SMK Mikael, Yulius Dobby, saat dijumpai wartawan, mengatakan laga melawan SMA Warga berjalan sangat menarik. Lawan memberikan perlawanan yang sangat ketat. Ia mengakui persiapan menghadapi Liga Solo cenderung mepet. Namun, dia bisa mengoptimalkan latihan yang hanya 4 kali pertemuan.

“Tim sudah kami siapkan sejak Januari. Tinggal target selanjutnya, juara DBL. Tahun ini harus juara,” kata Dobby sapan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Perbasi Solo, Bagus Andrian John, yang juga Dirut Liga Solo, mengaku terkesan dengan atmosfer partai puncak Liga Solo 2023. Paman John sapaan akrabnya memohon maaf karena ada ribuan penonton yang gagal masuk karena keterbatasan tempat.

Dia menyatakan ke depan dia berencana menggelar nonbar di kawasan Sritex Arena. “Namun yang terpenting, atmosfer basket di Solo telah kembali.”

“Semifinalis ini merupakan kandidat juara. Dari sisi permainan kualitas pemain sudah sangat baik. Bahkan, pemain produk Liga Solo sudah Go Internasional,” kata John.

John berharap pemain-pemain Liga Solo ini dapat terus berkembang dan bisa menjadi pemain basket profesional untuk mengarumkan nama Kota Solo.

John juga berterima kasih kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang terus mendukung perkembangan basket di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya