SOLOPOS.COM - Pemain Tottenham, Son Heung Min, merayakan gol bersama rekan-rekannya. (Twitter)

Solopos.com, SOLOSon Heung-min menjadi pesepakbola Asia paling fenomenal saat ini. Baru saja winger Tottenham Hotspur mencatatkan rekor sebagai pesepakbola Asia yang mencatatkan gol ke-100 di Liga Inggris.

Rekor yang bakal sulit dipecahkan pemain Asia lainnya. Tak hanya itu, Lelaki kelahiran Chuncheon, Gangwon, Korea Selatan 8 Juli 1992 tersebut mencatatkan banyak prestasi gemilang lainnya selama berkarier di dunia bola.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Fans Indonesia memberi julukan tersendiri untuk kapten timnas Korea Selatan itu, yakni Haji Muhammad Son. Julukan itu adalah plesetan dari singkatan namanya yang tertera pada punggung jersey-nya, yakni H M Son.

Siapakah sebenarnya dia? Berikut adalah ulasan tentang profil Son Heung-min yang dihimpun dari sejumlah sumber, Minggu (9/4/2023).

Son saat ini menjadi pemain Korea Selatan, bahkan Asia, tersukses dalam sejarah sepak bola dunia. Nama pemilik tinggi 183 cm itu begitu harum, baik di Liga Inggris maupun di Korea Selatan.

Sejak masih belia, Son sudah terobsesi dengan sepak bola. Dedikasinya di olahraga ini tak diragukan lagi. Bahkan, ketika berusia 16 tahun dia menolak bermain di ajang Olimpiade London 2012 agar bisa fokus membela klubnya saat itu, Hamburger SV.

Penampilannya bersama Tottenham Hotspur selalu menjadi perhatian. Meski berposisi sebagai pemain sayap, dia kerap mencetak gol. Tak heran saat ini dia telah mencetak 154 gol di semua ajang dari 393 penampilannya. Sebanyak 100 gol di antaranya dicetak di Liga Inggris.

Atas penampilannya yang memukai, Son pernag masuk nominasi sebagai pemain terbaik dunia atau Ballon d’Or pada 2019.

Son mengawali karier profesional di Jerman dengan bergabung Hamburger SV pada 2010 saat berusia 16 tahun.

Pada 2019 lalu, ia menjadi orang Asia kedua dalam sejarah yang mencapai dan memulai final Liga Champions setelah rekan senegaranya Park Ji-sung yang dulu membela Manchester United.

Selama karier sepak bolanya di timnas, Son telah mewakili Korea Selatan di Piala Dunia 2014 dan 2018 dan merupakan pencetak gol terbanyak bersama negaranya di Piala Dunia bersama Park Ji-sung dan Ahn Jung-hwan dengan tiga gol.

Son juga mewakili Korea Selatan di Asian Games 2018 di mana tim tersebut memenangkan emas serta Piala Asia AFC edisi 2011, 2015, dan 2019.

Kali terakhir Son yang dikenal dekat dengan pelatih timnas Indonesia Sin Tae-yong itu berpartisipasi membela Korea Selatan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Karier Son di klub juga gemilang. Klub profesional pertamanya adalah Hamburger SV (2010–2013). Awalnya dia bergabung dengan akademi muda Hamburger SV pada November 2009 saat berusia 16 tahun melalui Proyek Pemuda FA Korea.

Setelah bersinar bersama Hamburger SV selama empat musim, Son pindah ke Bayer Leverkusen (2013 – 2015) pada 13 Juni 2013.

Bayer Leverkusen mengkonfirmasi transfer Son senilai €10 juta yang merupakan biaya transfer tertinggi dalam sejarah klub saat itu.

Dia setuju untuk kontrak lima tahun dengan tim. Son dengan cepat menyesuaikan diri dengan klub barunya di pramusim, mencetak tiga gol dalam tiga penampilan pertamanya untuk tim dalam pertandingan eksibisi. Dia menyelesaikan musim 2014-15 dengan 17 gol dalam 42 pertandingan.

Setelah melalui musim yang indah bersama Leverkusen, Son bergabung dengan Tottenham Hotspur pada 28 Agustus 2015 hingga sekarang.

Saat itu nilai transfernya mencapai £22 juta dengan kontrak lima tahun. Dia menjadi pemain Asia paling mahal dalam sejarah sepak bola.

Son melakukan debutnya pada 13 September saat bertandang ke Sunderland dan mencetak dua gol pertamanya untuk klub dalam kemenangan 3–1 melawan Qarabag FK. Tiga hari kemudian, ia mencetak gol pertamanya di Liga Premier, melawan Crystal Palace.

Pada 20 Juli 2018, Son menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun yang memperpanjang kontraknya dengan Tottenham hingga 2023.

Son dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Utama Inggris pada ajang London Football Awards.

Itulah profil Son Heung-min yang bisa menjadi pengetahuan para pencinta bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya