SOLOPOS.COM - Pekerja membersihkan tribune penonton di Stadion Manahan, Solo, Selasa (13/6/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mendukung penuh langkah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memilih Stadion Manahan Solo sebagai tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-23 pada September mendatang. Mas Wali sapaan akrabnya tengah menyiapkan akomodasi bagi tiga negara peserta yakni Indonesia, Turkmenistan, dan Taiwan.

“Iya pelaksanaan September, kami ditugasi menyiapkan akomodasi selama penyelenggaraan. Kami mendukung penuh,” kata Mas Wali panggilan akrab Wali Kota Solo Gibran saat dijumpai wartawan, Rabu (14/6/2023).

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Gibran menyebut Stadion Manahan sudah sangat siap menjadi tuan rumah. Fasilitas seperti rumput juga sudah sangat baik. Laga Persis Solo melawan Jeonbuk Hyundai Motors bisa menjadi acuan untuk mengecek kembali persiapan Stadion Manahan.

Sejauh ini masih ada catatan yang akan dimaksimalkan kembali. Salah satunya penerangan stadion. Gibran pun optimistis ini bisa segera diselesaikan sebelum laga kualifikasi.

Ia menambahkan ruangan untuk Video Assisten Referee (VAR) juga telah siap. Alat VAR akan disediakan PSSI dan pihaknya menunggu arahan lanjutan.

“Seharusnya VAR permanen, untuk Liga juga,” kata Gibran.

Event internasional ini bisa disebut sebagai event pelipur menyusul batalnya Piala Dunia U-20 di Solo.

Hal itu disampaikan oleh Ketua PSSI, Erick Thohir disela-sela kegiatannya di Stadion Manahan Solo, beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya, pria yang juga Menteri BUMN itu didampingi oleh salah satu Exco PSSI yakni Muhammad Sungkar. Muhammad merupakan anggota exco yang merupakan pria asli Solo.

Di sisi lain, berbagai fasilitas standar internasional, membuat PSSI memilih Stadion Manahan sebagai lokasi kualfikasi. Erick Thohir mengatakan ini kesempatan luar biasa bagi Kota Solo yang punya stadion berstandar internasional. Hal itu juga menjadi alasan pihaknya berkomunikasi dengan FIFA serta AFC.

“Mempertimbangkan fasilitas ini agar dapat digunakan untuk salah satu babak penyisihan yang ada 11 grup. Salah satunya di sini untuk kejuaraan AFC U-23,” kata Erick.

Indonesia  yang berada di grup K bakal bersainh dengan Taiwan, dan Turkmenistan pada 4-12 September mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya