SOLOPOS.COM - Pemain Persis Junior gelar doa bersama seusai latihan perdana di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu (4/3). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Persis Junior bakal mengikuti Piala Soeratin 2017.

Solopos.com, SOLO — Kondisi fisik para pemain Persis Solo Junior (Jr) belum sepenuhnya prima dalam latihan perdana di Stadion Mini Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (4/3/2017). Tim pelatih berencana menggenjot stamina pemain di sepekan awal porsi latihan.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kekuatan fisik atau vitalitas pemain rata-rata baru menembus 75%. Kondisi itu masih jauh dari ideal untuk menghadapi ketatnya kompetisi Piala Soeratin 2017, dua bulan lagi. Pelatih Persis Jr, M. Nur Hadi El Hamid, mengaku telah mengatur porsi latihan untuk meningkatkan kebugaran pemain.

“Sepekan ke depan latihan diintensifkan ke peningkatan fisik, mungkin bisa sampai 80% dari porsi latihan. Sisanya baru pendalaman teknik,” ujar Memet, sapaan akrabnya, saat berbincang dengan Solopos.com di sela latihan.

Memet mengatakan latihan akan digeber empat hingga lima kali sepekan untuk mengejar waktu persiapan yang kian mepet. Ada 30 pemain terseleksi yang mengikuti latihan di bawah asuhan Memet. Jumlah itu bertambah dua pemain dari yang disepakati sebelumnya yakni 28 pemain.

“Manajemen merekomendasikan dua pemain tambahan karena mereka dinilai berkualitas. Sayang jika tidak diikutkan dalam tim,” ujar Pelatih.

Meski demikian Memet menegaskan posisi 30 pemain belum sepenuhnya aman jika tak mampu menunjukkan grafik positif selama latihan. Persis Jr menerapkan sistem promosi degradasi untuk mencari pemain yang berkualitas untuk menghadapi ajang sekelas Piala Soeratin 2017. Terlebih Persis Jr punya misi memperbaiki prestasi tahun lalu di mana tim harus terhenti di babak semifinal zona Jawa Tengah.

“Sebanyak 18 pemain yang akan dibawa ke turnamen harus benar-benar bagus dari segi fisik, mental maupun teknik,” tegas Memet.

Meski demikian, persiapan Persis Jr sedikit terganggu dengan jadwal lapangan yang belum pasti untuk latihan jangka panjang. Akibatnya para pemain harus siap berpindah-pindah lokasi latihan. Memet menyebut pemakaian lapangan seperti Stadion Sriwedari perlu menyinkronkan dengan kegiatan lain.

“Kami berencana ambil latihan siang mulai pukul 14.00 WIB agar tidak bentrok dengan kegiatan di stadion sore hari. Memang kondisinya cukup panas tapi itu bisa menjadi adaptasi pemain. Turnamen Piala Soeratin biasanya dimulai pukul 15.00 WIB,” ucap Memet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya