SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLO–Pelatih Shin Tae-yong membeberkan kondisi tim menjelang Filipina vs Indonesia dalam laga kedua Grup F putaran kedua kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026.

Pertandingan ini akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Filipina, hari ini, Selasa (21/11/2023) pukul 17.00 WIB yang akan disiarkan langsung RCTI.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut Skuad Garuda dalam posisi tak menguntungkan dalam aspek fisik dan adaptasi rumput sintetis di kandang lawan.

Namun, secara profesional Indonesia harus tetap mengupayakan persiapan terbaik untuk mencuri tiga poin di kandang Filipina.

Seperti diketahui, Indonesia menempuh perjalanan panjang belasan jam dari Irak ke Filipina. Hal itu membuat fisik para pemain menurun.

Belum lagi para pemain harus menyesuaikan diri dengan lapangan sintetis di Stadion Rizal Memorial.

Ini merupakan hal baru bagi Timnas Indonesia mengingat mereka selalu bermain di lapangan dengan rumput alami

Sebelumnya, Indonesia menyerah 1-5 dari Irak dalam laga pertama Grup F putaran kedua kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026 di Stadion Internasional Basra, Irak, beberapa hari lalu.

“Sejujurnya kami melalui perjalanan yang panjang dari Irak, tentu dengan perbedaan waktu. Jadi kami harus beradaptasi dengan kondisi di Manila, namun kami tetap mengusahakan persiapan terbaik untuk menghadapi pertandingan besok,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, pssi.org, Selasa.

Dia tak memungkiri kondisi fisik para pemain sempat menurun setelah perjalanan panjang.

Namun, setelah tiba di Filipina Jordi Amat dan kawan-kawan sudah menjalani latihan pemulihan fisik. Sejauh ini tidak ada masalah berarti dengan fisik dan mereka sudah siap bertanding.

Kendati demikian Shin Tae-yong tak menyembunyikan kemungkinan bahwa Timnas Indonesia bakal mengalami masalah kebugaran saat pertandingan melawan Filipina nanti.

Masalah tersebut sudah diantisipasi. Shin Tae-yong telah memperkuat mentalitas pemain agar mereka termotivasi untuk melakukan yang terbaik.

“Harus kami akui, kami melewati sejumlah hal yang kurang menguntungkan saat persiapan menuju pertandingan. Kami melewati sejumlah situasi yang buruk. Sebagaimana yang disebutkan, kami melewati perjalanan panjang, lalu perbedaan waktu. Tapi secara professional, kita harus menerima kenyataan ini,” ucap pelatih yang juga biasa dipanggil STY itu.

“Memang tidak semudah mengucapkan, tapi kami telah memulihkan fisik para pemain, jadi tidak masalah. Di pertandingan nanti kami mungkin akan memiliki sejumlah kekurangan dalam hal kebugaran, tapi kami telah melakukan persiapan yang baik dari sisi mentalitas pemain, jadi kami dapat melewatinya dengan baik. Sejauh ini semua [persiapan] berjalan dengan baik,” sambung dia.

Terkait kekalahan telak 1-5 dari Irak, Shin Tae-yong tak ingin beralasan apa pun lantaran fakta itu terjadi akibat kesalahan sendiri.

Kemudian mengenai bermain di lapangan berumput sintetis, Shin Tae-yong menyebut hal tersebut bukan situasi yang mudah untuk Timnas Indonesia.

“Mengenai kekalahan kami 1-5 dari Irak, kami tidak akan beralasan untuk itu, karena sebagian gol yang kami terima [kebobolan] akibat kesalahan kami sendiri. Saat kini kami berada di Filipina, kami akan bermain di lapangan dengan rumput sintetis, ini juga bukan situasi mudah untuk kami,” ulas Shin Tae-yong.

Kendati menghadapi situasi yang tak menguntungkan, tetapi dia bertekad pulang ke Indonesia membawa poin penuh untuk memperbaiki catatan pertandingan.

“Tapi alasan utama kami untuk memenangkan pertandingan atas Filipina, bukan karena kami kalah dari Irak sebelumnya, lalu kami masih punya kesempatan. Melawan Filipina baik tandang atau kandang, bukan masalah karena kami akan mengusahakan penampilan yang terbaik.”

“Kami akan tetap bermain dengan apa yang menguntungkan kami dan dengan gaya permainan kami. Jelas Irak dan Filipina adalah dua tim yang memiliki perbedaan besar. Bukan hanya tentang gaya permainan, ada banyak perbedaan. Jadi kami mencoba menyesuaikan gaya permainan kami untuk menghadapi Filipina, kami sudah Bersiap dengan baik jadi anda dapat melihat pertandingan yang menarik besok,” ucap Shin Tae-yong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya