SOLOPOS.COM - Bus Timnas Thailand diserang suporter saat menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk melawan Indonesia di Grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12/2022). (Twitter @TL_Central)

Solopos.com, JAKARTA—Penyerangan bus Thailand oleh suporter Indonesia saat menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022), membuat PSS minta maaf. Bus itu diserang fans Garuda saat Thailand akan melawan Indonesia pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022.

“Mohon maaf untuk keterbatasan dalam pelaksanaan pertandingan Piala AFF Indonesia versus Thailand, terutama dengan terjadinya insiden pelemparan benda ke bus Thailand menjelang memasuki stadion,” ujar Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI, Budiman Dalimunthe, dalam pesan singkat kepada Antara di Jakarta, Jumat (30/12).

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Menurut Budiman, sejatinya pihak PSSI, panitia penyelenggara dan pihak keamanan sudah melakukan koordinasi terkait suporter sebelum pertandingan. Rapat itu digelar pada Rabu (28/12), atau sehari sebelum laga, dan pada hari pertandingan, Kamis (29/12), pada pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Suporter Indonesia Serang Bus Thailand, Shin Tae-yong Kecewa

Namun, apa yang terjadi di lapangan ternyata tidak sesuai rencana. Untuk itu, PSSI meminta para pemimpin dan penghubung (liaison) suporter untuk semakin meningkatkan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dengan upaya dan usaha yang terbaik, pelaksanaan Piala AFF bisa dijadikan referensi untuk pelaksanaan pertandingan sepak bola lainnya dengan penonton, termasuk Liga 1 dan kompetisi lainnya,” tutur Budiman.

Bus yang ditumpangi pemain, pelatih serta ofisial Thailand mendapatkan serangan dari pendukung Indonesia beberapa saat sebelum memasuki SUGBK. Akibatnya, kaca jendela bus tersebut retak.

Baca Juga: Imbangi Indonesia, Pelatih Thailand: Daya Juang Pemain Bantu Tim di Masa Depan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan juru taktik Timnas Thailand Alexandre Polking kecewa dan menyesalkan peristiwa tersebut. Alexandre Polking juga berharap PSSI dan penyelenggara pertandingan agar memperbaiki pengorganisasian pengamanan agar semua tim tandang aman berlaga di Indonesia.

Tim nasional Indonesia imbang 1-1 dengan Thailand pada laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12). Gol Indonesia pada pertandingan itu dilesakkan oleh Marc Klok dari titik penalti, sementara Thailand membalas melalui Sarach Yooyen.

Hasil tersebut membuat Indonesia tetap berada di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya