SOLOPOS.COM - Salah seorang penonton mengibarkan bendera Palestina ke lapangan usai pertandingan Persiraja vs Semen Padang FC di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sabtu malam (21/10/2023). (ANTARA/HO/Hendri).

Solopos.com, SOLO-Tim Liga 2 Persiraja Banda Aceh harus menanggung sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI karena ada suporter yang memasuki lapangan dan mengibarkan bendera Palestina.

Mengutip dari laman resmi PSSI, pssi.org, Minggu (5/11/2023), Komdis PSSI menjatuhkan sanksi denda senilai Rp10 juta kepada tim Liga 2 Persiraja Banda Aceh .

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Jenis pelanggarannya ada suporter Persiraja yang memasuki area lapangan dan mengibarkan bendera Palestina saat Persiraja menjamu Semen Padang dalam laga lanjutan Liga 2 pada 21 Oktober lalu.

“Terdapat penonton memasuki area lapangan tanpa izin dengan menampilkan slogan terkait isu politis tertentu,” bunyi putusan Komdis PSSI dalam sidang 26 Oktober 2023.

Persiraja bukan satu-satunya tim yang suporternya mengibarkan bendera Palestina di stadion.

Sebanyak dua tim Liga 1 ketahuan mengibarkan bendera yakni Persib Bandung dan PSM Makassar. Suporter Persib membentangkan bendera Palestina di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat Maung Bandung menjamu PSS Sleman pada 28 Oktober 2023.

Insiden tersebut viral karena suporter memprotes steward saat mencoba melepaskan bendera Palestina yang tergantung di pagar tribune.

Hal itu sampai membuat manajemen Persib merilis pernyataan mengenai larangan mengibarkan bendera Palestina dan menyuarakan slogan-slogan politis di stadion.

“Karena bisa dinilai sebagai pelanggaran regulasi kompetisi, Persib mengajak kepada semua pihak untuk tidak mengekspresikan sikap politik pribadi atau kelompok saat pertandingan berlangsung di stadion,” bunyi keterangan pada laman resmi Persib.

Hal serupa terjadi di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (3/11/2023). Kala PSM menjamu Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 2023-2024, terdapat bendera Palestina yang dikibarkan suporter di tribune.

Bahkan, terlihat bendera Palestina berukuran besar yang diwujudkan dalam koreo sebagai bentuk dukungan untuk negara yang tengah berkonflik dengan Israel tersebut.

Persib dan PSM sejauh ini belum mendapat sanksi dari Komdis PSSI. Namun, kedua tim ini berpeluang mengalami nasib yang sama dengan Persiraja dalam sidang Komdis PSSI selanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Klub-klub Indonesia yang Kibarkan Bendera Palestina, Persiraja Langsung Disanksi”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya