SOLOPOS.COM - Suyatno (SOLOPOS/Imam Yuda S)

Suyatno (SOLOPOS/Imam Yuda S)

Sikapnya tegas, gaya bicaranya ceplas-ceplos dan enggan menyembunyikan sesuatu. Namun, sikap kerasnya ini membuat banyak atlet berprestasi di tingkat lokal, nasional bahkan internasional, lahir dari tangan pria bernama lengkap Suyatno.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Meski terkesan bertangan dingin terhadap anak didiknya, pria kelahiran Karanganyar 31 Desember 1945 ini sebenarnya sosok yang lembut dan perhatian.

Saking perhatiannya, pelatih tim atletik pelajar ini pun rela merogoh kocek pribadinya.

Ini salah satunya dibuktikan, dengan tidak pernah meminta uang iuran sepeser pun pada para pelajar yang berlatih di bawah bimbingannya.

Meskipun berbagai pihak memintanya untuk mematok tarif atas jasa yang diberikannya, suami dari Yuke Wulandari ini pun dengan tegas menolak.

“Saya enggak mau minta bayaran. Yang penting mereka berlatih sungguh-sungguh. Itu cukup membuat saya senang. Tanya ke para orangtua murid, apa saya pernah minta iuran ?” terang Suyatno saat berbincang dengan Espos di sela-sela memimpin latihan di Stadion Sriwedari, Solo, Kamis (5/5/2011).

Bahkan atas ketulusannya membina para atlet pelajar ini, Yatno, begitu ia disapa, tak jarang turut memberi fasilitas bagi sang murid secara cuma-cuma. Mulai dari membelikan sepatu hingga membiaya atletnya dengan dana pribadi saat tampil di berbagai kejuaraan.

Alhasil, banyak atlet berprestasi yang lahir dari bimbingannya, sebut saja sprinter nomor satu di kawasan Asia Tenggara, Suryo Agung Wibowo yang dibinanya pada era 1995-an dan mantan peraih perak PON XVI 2004 Palembang pada cabang lompat tinggi, Nanang Himawan.

Semua kerja keras, pria yang juga berprofesi sebagai guru bidang studi olah raga di SMPN 20 Solo ini tak lain demi kebaikan atletnya.

Pengorbanan dan kerja kerasnya akan terbayar saat menyaksikan para atletnya mampu mengharumkan nama Solo, baik di level nasional maupun internasional.

“Dengan mereka memberikan prestasi yang bagus, sudah membuat saya senang,” tegasnya.

(Imam Yuda Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya