SOLOPOS.COM - Muhammad Bayu Pangisthu (Badminton Indonesia)

Swiss Open 2016 diwarnai dengan dua wakil Indonesia yang lolos ke babak 16 besar.

Solopos.com, BASEL – Dua wakil Indonesia, Muhammad Bayu Pangisthu dan pasangan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil menembus babak 16 besar Swiss Open 2016. Sayang, kemenangan mereka tak diikuti tiga wakil lainnya.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Bertanding di St. Jakobshalle, Basel, Rabu (16/3/2016) waktu setempat, Bayu menyingkirkan tunggal putra Malaysia Iskandar Zulkarnain Zainuddin. Bayu menang lantaran Iskandar memutuskan mundur di game kedua saat kedudukan 21-17, 17-9.

Bayu memaparkan kunci kemenangannya kali ini adalah menerapkan pola permainan dengan mengontrol lawan. Sebenarnya, Zulkarnain yang merupakan pemain rangking 40 dunia, lebih diunggulkan ketimbang Bayu yang menempati posisi 131 peringkat dunia tunggal putra yang dirilis Badminton World Federation (BWF). Tapi nyatanya, Bayu unggul di game pertama dan kedua.

“Saya berusaha agar permainan saya keluar dulu. Ternyata lawan jadi tidak nyaman mengikuti cara main saya. Dari sini saya merasa semakin percaya diri, lawan saya tekan terus,” ujar Bayu seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org, Kamis (17/3/2016).

Di babak kedua, Bayu akan menghadapi unggulan ke-14 turnamen asal Tiongkok, Xue Song. Bayu mengaku tak gentar menghadapi lawannya tersebut. Dia justru lebih percaya diri.

“Mengenai lawan di babak selanjutnya, karena dia lebih diunggulkan dari saya, jadi saya lebih merasa percaya diri karena bisa lepas mainnya. Saya juga sekalian ingin mengukur kemampuan saya,” tutur Bayu.

Sementara itu, Edi/Gloria lebih dulu melangkah ke babak 16 besar Swiss Open 2016. Mereka mengalahkan pasangan Jerman, Johannes Pistorius/Eva Janssens, dua game langsung dengan skor 21-15, 21-15. Edi/Gloria yang menjadi unggulan kedelapan turnamen ini, mampu menang dengan durasi hanya 26 menit.

Di sisi lain, Indonesia harus kehilangan tiga wakilnya di Swiss Open 2016. Ganda campuran Ronald Alexander/Melati Oktaviani disingkirkan pasangan Prancis, Gaetan Mittelheisser/Audrey Fontaine dengan skor 23-21 dan 21-14.

Kemudian ganda putra Berry Angriawan/Ryan Agung Saputra harus mengakui keunggulan pasangan Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge 16-21 dan 19-21. Hal yang sama dialami tunggal putra Firman Abdul Kholik yang takluk di tangan wakil Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk, dalam pertarungan tiga game 21-17, 16-21, dan 4-21.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya