SOLOPOS.COM - Pelatih Persis Solo, Eko Purdjianto (tengah), Kapten Persis Solo, Eky Taufik (kanan), dan Manajer Persis Solo, Erwin Widiyanto, menyampaikan permohonan maaf kepada para suporter setelah kalah derbi melalui akun media sosial Persis Solo pada Rabu (17/11/2021) malam. (Istimewa/Dok Persis Solo Ofisial)

Solopos.com, BOGOR — Komite Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya menjatuhkan hukuman kepada, Asisten Manajer Persis Solo, Erwin Widianto, berupa larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama enam bulan. Komdis juga memberi sanksi denda Rp50 juta.

Erwin Widianto dianggap bertingkahlaku buruk saat pertandingan babak delapan besar Liga 2 2021 antara RANS Cilegon FC vs Persis Solo pada 15 Desember 2021 lalu. Erwin memprotes keputusan wasit secara berlebihan hingga menabrak asisten wasit. Kejadian itu disiarkan langsung oleh televisi nasional dan menjadi perbincangan suporter.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Baca Juga: Kabar Duka: Kiper Liga 3 Meninggal Dunia Usai Benturan di Lapangan

“Tingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan, protes berlebihan terhadap perangkat pertandingan, dengan cara menabrakan badan kepada perangkat pertandingan,” tulis keterangan resmi PSSI dilansir pada Rabu (22/12/2021).

Kejadian tersebut bermula saat gol Beto Goncalves di pengujung laga tak disahkan oleh wasit karena lebih dulu terperangkap offside. Saat pemain Persis melayangkan protes, Erwin terlihat menghampiri asisten wasit dan terlihat gestur menubruk. Atas tindakannya itu, wasit Abdullah pun tanpa kompromi menghadiahi kartu merah.

Erwin Widianto melanggar Kode Disiplin PSSI Pasal 50 ayat (1) poin B tentang tingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan. Hukuman pasal itu yakni enam bulan tidak boleh berkecimpung di sepak bola Indonesia, dan denda minimal Rp50 juta.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Persis Solo vs Persiba Balikpapan

Laga itu sendiri dimenangkan oleh RANS Cilegon FC dengan skor 4-3. Cristian Gonzalez menjadi pahlawan RANS Cilegon FC lewat hat-trick yang ia bukukan. Sementara satu gol RANS lainnya dibuat Rifal Lastori. Di sisi lain, gol-gol Persis Solo dicetak oleh Alberto Goncalves (2 gol) dan Irfan Jauhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya