SOLOPOS.COM - Wasit memimpin pertandingan Liga 1 antara Persik Kediri vs Perija Jakarta, Minggu (12/3/2023). (Tankapan layar pertandingan Liga 1)

Solopos.com, SOLO – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyinggung tentang kesejahteraan wasit sepak bola di Indonesia. Sebenarnya berapa gaji wasit Liga 1 saat ini?

Pada 2022, PSSI yang masih diketuai oleh Mochamad Iriawan membuat kebijakan dengan menaikkan gaji wasit di Liga 1.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ia menyebut kenaikan gaji wasit Liga 1 itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas wasit sekaligus sang pengadil agar tak tergiur dengan suap.

Dalam sebuah podcast Deddy Corbuzier yang tayang pada Rabu (19/1/2022), gaji wasit Liga 1 yang disebutkan Mochamad Iriawan, ternyata menjadi yang tertinggi pada kompetisi sepak bola di kawasan Asia Tenggara.

”Kalau wasit digaji itu merupakan aturan PSSI,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Menurutnya, dulu wasit sekali memimpin pertandingan mendapat Rp3,5 juta, dinaikkan menjadi Rp5 juta hingga Rp7 juta. “Sekarang wasit mendapat Rp10 juta untuk sekali main,” kata Iwan Bule.

Gaji wasit Liga 1 Rp10 juta per pertandingan itu ternyata menjadi yang termahal di ASEAN. Dikutip dari berbagai sumber, jumlah itu dua kali lipat lebih banyak daripada gaji wasit di Liga Vietnam. Gaji wasit di kompetisi tersebut sekitar Rp5 juta.

Sementara di Malaysia, wasit mendapat bayaran sekitar Rp1,4 juta per pertandingan. Gaji wasit di Thailand yang disebut sebagai kompetisi terbaik di Asia Tenggara juga masih di bawah Indonesia. Gaji wasit di Thailand sekitar Rp4,5 juta per pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya