SOLOPOS.COM - Para pebulu tangkis putra Indonesia berfoto bersama seusai mengikuti diklat sebagai salah satu syarat pengangkatan mereka menjadi PNS di lingkungan Kemenpora. (Instagram/@fajaralfian95)

Solopos.com, SOLO — Tak hanya menerima gaji pokok, atlet bulu tangkis Indonesia, seperti Anthony Ginting, Hendra Setiawan, Muhammad Ahsan, dkk, juga mendapatkan sederet fasilitas setelah diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN/PNS).

Selain tiga nama atlet tersebut, masih ada Fajar Alfian, Marcus Fernaldi Gideon, Deby Susanto, Tantowi Ahmad, Greysia Polii, Liliyana Natsir, Hafiz Faizal, Ketut Mahadewi Istarani, dan Edi Subaktiar, yang diangkat menjadi PNS.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Mereka menjadi PNS Kemenpora. Salah satu altet, Fajar Alfian, mengaku sangat berterima kasih kepada Kemenpora atas pengkatan dia dan teman-temannya menjadi abdi negara. “Terima kasih banyak untuk pemerintah @Kemenpora atas apresiasinya,” tulis dia di akun Instagram pribadinya, Rabu (9/11/2022).

“Dari CPNS 2018 dan sekarang sudah resmi menjadi PNS di 2022 lewat pendidikan pelatihan di @pusdiklat_tekfunghan,” imbuh dia.

Baca Juga: Besaran Gaji yang Bisa Didapat Hendra, Ahsan, hingga Ginting Setelah Jadi PNS

Menjadi PNS Kemenpora, Anthony Ginting dkk tak hanya menerima gaji pokok dalam bekerja. Mereka juga mendapatkan fasilitas berupa tunjangan. Berikut ini di antaranya, yang Solopos.com kutip dari Pns.kamikamu.co.id.

Fasilitas PNS yang Diterima Anthony Ginting Dkk

  1. Tunjangan Keluarga

Diangkat menjadi PNS, Anthony Ginting dkk bakal mendapatkan tunjangan keluarga, yang terdiri dari tunjangan suami/istri dan anak. Besaran tunjangan suami/istri yakni 10 persen dari gaji pokok.

Sementara itu, untuk tunjangan anak yang diterima sebesar 5 persen dari gaji pokok untuk setiap anak. Dengan catatan, yang ditanggung maksimal tiga orang anak.

Baca Juga: Sejarah Hari Ayah Nasional, Ternyata Lahir di Solo dan Diprakarsai Ibu-ibu

  1. Tunjangan Kinerja

Selain gaji pokok, menjadi PNS, Anthony Ginting dkk juga menerima tunjangan kinerja yang besarannya berbeda-beda tergantung kelas jabatannya maupun di pusat atau daerah.

Berdasarkan Perpres 19/2019, besaran tunjangan kinerja untuk PNS Kemenpora paling tinggi sebesar Rp24.930.000 dan paling rendah Rp1.766.000.

Baca Juga: Dituduh Ngaspal Jalan Jogja Buat Nikahan Kaesang, Gibran: Jan Pinter Tenan!

  1. Tunjangan Makan

Tak hanya gaji pokok, atlet yang jadi PNS juga mendapatkan tunjangan makan yang diatur dalam Permenkeu 31/PMK.02/2018. Dalam aturan tersebut dijelaskan untuk golongan 1 dan II mendapatkan uang makan Rp35.000 per hari. Golongan III dapat Rp37.000 per hari dan golongan IV memperoleh Rp41.000 per hari.



Baca Juga: Bukan Ilmu Gaib, Ternyata Begini Cara Kerja Bengkel Fenomenal Ketok Magic

  1. Tunjangan Umum

Kemudian, PNS juga mendapatkan tunjangan umum yang diatur dalam Perpres 12/2006. Adapun besaran tunjangan umum ini dibedakan berdasarkan golongan, yakni Golongan IV mendapatkan Rp190.000, Golongan III Rp185.000, Golongan II Rp180.000, dan Golongan I Rp175.000.

Baca Juga: Kerap Dianggap Buruk, Ini Arti Telinga Berdenging Menurut Islam

  1. Tunjangan Beras

Selain gaji pokok, Anthony Ginting dkk yang diangkat menjadi PNS juga mendapatkan tunjangan beras. Menurut situs resmi BKAD Kulon Progo, besaran tunjangan beras yang diterima adalah 10 kg/orang dan diterima dalam bentuk uang. Dengan hitungan satu kilogram beras adalah Rp7.242.

Seorang PNS yang menanggung suami/istri dan dua anak akan menerima tunjangan beras senilai Rp289.680.

Baca Juga: Asal Usul Ketog Magic, Bengkel Fenomenal yang Kerap Dikaitkan dengan Ilmu Gaib

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Justin Hubner Blunder, Irak Unggul 2-1 atas Timnas U-23 Indonesia

Justin Hubner Blunder, Irak Unggul 2-1 atas Timnas U-23 Indonesia
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Jumat, 3 Mei 2024 - 00:51 WIB
share
SOLOPOS.COM - Justin Hubner tampil gemilang dalam laga kontra Yordania di Piala Asia U-23 Qatar, Minggu (21/4/2024) lalu. Warganet Indonesia menjuluki Hubner dengan Sergio Ramos Indonesia. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Justin Hubner melakukan blunder yang membuat Indonesia tertinggal 2-1 di babak perpanjangan waktu.

Hubner yang menjadi kapten salah mengantisipasi bola lambung dari Muntadher Mohammed kepada striker Ali Jasim pada menit ke-96.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Bola yang lepas lantas ditendang dengan keras oleh Ali Jasim yang merupakan top scorer Irak dengan tiga gol sebelumnya.

Bola masuk di sela-sela kaki Ernando Ari Sutaryadi dan meluncur deras ke gawangnya.

Koran Solopos

Laga menguras tenaga kembali harus dijalani Garuda Muda saat melawan Irak pada perebutan juara ketiga Piala Asia U-23, Jumat (3/5/2024), dini hari.

Waktu 2×45 menit berakhir dengan kedudukan imbang 1-1 sehingga laga harus diteruskan dengan perpanjangan waktu 2×15 menit.

Kondisi ini sama dengan laga kontra Korea Selatan pada babak perempatfinal pada 26 April lalu. Saat itu laga berlanjut hingga ke adu penalti yang berjalan alot dengan kedudukan akhir 13-12 (2-2) untuk kemenangan Indonesia.

Laga berakhir imbang setelah pemain Irak Zaid Tahseen menciptakan gol pada menit ke-27 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tahseen memanfaatkan bola dari tendangan sudut yang tidak bisa diantisipasi oleh para pemain Garuda Muda.

Gol Irak itu membalas gol Ivar Jenner pada menit ke-18. Sebelumnya pemain Utrecht tersebut membawa Garuda Muda unggul 1-0 melalui golnya di menit ke-18.

Emagazine Solopos

Ivar Jenner memanfaatkan kemelut di luar kotak penalti. Bola liar yang mengarah ke arahnya langsung ditendang dengan kaki kanan keras dan mengarah ke sudut kiri gawang.

Kiper Irak sempat menepis bola namun karena tendangan Jenner keras sehingga bola langsung menjebol jala lawan.

Dalam laga ini, Indonesia menguasai bola sejak menit awal laga.

Marselino Ferdinan dkk. terlihat lebih tenang sehingga mampu mendikte Irak yang sesekali melakukan serangan balik.

Namun menjelang akhir babak pertama permainan Garuda Muda mulai menurun. Mulai sering terjadi salah koordinasi dan salah passing.

Kondisi ini terjadi pada babak kedua. Para pemain yang berasal dari Liga 1 sering melakukan kesalahan. Mereka juga kerap kalah dalam adu bodi dengan para pemain Irak.

Setelah itu permainan kedua tim menjadi monoton. Terlihat stamina para pemain kedua kesebelasan sama-sama terkuras.

Interaktif Solopos

Justin Hubner Kapten

Diberitakan sebelumnya, Justin Hubner menggantikan posisi Rizky Ridho yang absen karena terkena kartu merah dalam laga sebelumnya.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong menurunkan Ilham Rio Fahmi dan Jeam Kelly Sroyer sejak menit awal.

Di garis pertahanan pelatih asal Korea Selatan itu mempercayakan kepada Muhammad Ferrari dibandingkan Komang Teguh.

Ferrari akan berduet dengan Rio Fahmi, Nathan Tjoe Aon dan Justin Hubner.

Striker murni Ramadhan Sananta kembali duduk di bangku cadangan setelah sebelumnya menjadi starter saat dikalahkan Uzbekistan 0-2 di babak semifinal.

Posisinya digantikan Rafael Struick yang sudah kembali bermain setelah sebelumnya absen karena akumulasi kartu kuning.

Berikut susunan pemain Timnas U-23 kontrak Irak U-23, malam ini.



Ernando Ari Sutaryadi
Ilham Rio Fahmi
Muhammad Ferrari
Ivar Jenner
Marselino Ferdinan
Witan Sulaeman
Justin Hubner
Rafael Struick
Pratama Arhan
Jeam Kelly Sroyer
Nathan Tjoe Aon

Disesaki Penonton

Laga Indonesia versus Irak di perebutan juara ketiga Piala Asia U-23, Kamis (2/5/2024), baru akan digelar pada pukul 22.30 WIB.

Namun saat ini Stadion Abdullah bin Khalifah yang menjadi tempat laga penentuan tiket olimpiade ini sudah disesaki suporter Indonesia.

Salah satu suporter, Ahmad Surip, kepada Solopos.com mengatakan dirinya datang bersama istri dan tiga anaknya.

Selain ia dan anak istrinya, banyak keluarga Indonesia lainnya yang tinggal di Qatar juga berbondong-bondong ke stadion untuk memberi dukungan kepada Witan Sulaeman dkk.

Bahkan, tiket pertandingan yang dijual secara online sudah hampir sejak kemarin dalam dua jam sejak dibuka.

“Tiket sudah sold out, hanya dua jam sejak dibuka. Kami ingin memberikan dukungan untuk Indonesia agar lolos ke olimpiade,” ujar Ahmad Surip melalui pesan Whatsapp.

Pekerja imigran asal Tawangsari, Sukoharjo, Jawa Tengah ini mengatakan dirinya sudah di stadion 1,5 jam lalu.

Saat datang pintu stadion belum dibuka sehingga ribuan pendukung Merah Putih memenuhi loket.

“Di sini baru jam 5 (sore), masih 1,5 jam lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Laga Perebutan Tiket Olimpiade Indonesia Vs Irak Berlanjut ke Extra Time

Laga Perebutan Tiket Olimpiade Indonesia Vs Irak Berlanjut ke Extra Time
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Jumat, 3 Mei 2024 - 00:41 WIB
share
SOLOPOS.COM - Skuad Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U23 Qatar. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Laga menguras tenaga kembali harus dijalani Garuda Muda saat melawan Irak pada perebutan juara ketiga Piala Asia U-23, Kamis (2/5/2024), pukul 22.30 WIB.

Waktu 2×45 menit berakhir dengan kedudukan imbang 1-1 sehingga laga harus diteruskan dengan perpanjangan waktu 2×15 menit.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kondisi ini sama dengan laga kontra Korea Selatan pada babak perempatfinal pada 26 April lalu. Saat itu laga berlanjut hingga ke adu penalti yang berjalan alot dengan kedudukan akhir 13-12 (2-2) untuk kemenangan Indonesia.

Laga berakhir imbang setelah pemain Irak Zaid Tahseen menciptakan gol pada menit ke-27 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Koran Solopos

Tahseen memanfaatkan bola dari tendangan sudut yang tidak bisa diantisipasi oleh para pemain Garuda Muda.

Gol Irak itu membalas gol Ivar Jenner pada menit ke-18. Sebelumnya pemain Utrecht tersebut membawa Garuda Muda unggul 1-0 melalui golnya di menit ke-18.

Ivar Jenner memanfaatkan kemelut di luar kotak penalti. Bola liar yang mengarah ke arahnya langsung ditendang dengan kaki kanan keras dan mengarah ke sudut kiri gawang.

Kiper Irak sempat menepis bola namun karena tendangan Jenner keras sehingga bola langsung menjebol jala lawan.

Dalam laga ini, Indonesia menguasai bola sejak menit awal laga.

Marselino Ferdinan dkk. terlihat lebih tenang sehingga mampu mendikte Irak yang sesekali melakukan serangan balik.

Emagazine Solopos

Namun menjelang akhir babak pertama permainan Garuda Muda mulai menurun. Mulai sering terjadi salah koordinasi dan salah passing.

Kondisi ini terjadi pada babak kedua. Para pemain yang berasal dari Liga 1 sering melakukan kesalahan. Mereka juga kerap kalah dalam adu bodi dengan para pemain Irak.

Setelah itu permainan kedua tim menjadi monoton. Terlihat stamina para pemain kedua kesebelasan sama-sama terkuras.

Justin Hubner Kapten

Diberitakan sebelumnya, Justin Hubner menggantikan posisi Rizky Ridho yang absen karena terkena kartu merah dalam laga sebelumnya.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong menurunkan Ilham Rio Fahmi dan Jeam Kelly Sroyer sejak menit awal.

Di garis pertahanan pelatih asal Korea Selatan itu mempercayakan kepada Muhammad Ferrari dibandingkan Komang Teguh.

Ferrari akan berduet dengan Rio Fahmi, Nathan Tjoe Aon dan Justin Hubner.

Interaktif Solopos

Striker murni Ramadhan Sananta kembali duduk di bangku cadangan setelah sebelumnya menjadi starter saat dikalahkan Uzbekistan 0-2 di babak semifinal.

Posisinya digantikan Rafael Struick yang sudah kembali bermain setelah sebelumnya absen karena akumulasi kartu kuning.

Berikut susunan pemain Timnas U-23 kontrak Irak U-23, malam ini.

Ernando Ari Sutaryadi
Ilham Rio Fahmi
Muhammad Ferrari
Ivar Jenner
Marselino Ferdinan
Witan Sulaeman
Justin Hubner
Rafael Struick
Pratama Arhan
Jeam Kelly Sroyer
Nathan Tjoe Aon

Disesaki Penonton

Laga Indonesia versus Irak di perebutan juara ketiga Piala Asia U-23, Kamis (2/5/2024), baru akan digelar pada pukul 22.30 WIB.

Namun saat ini Stadion Abdullah bin Khalifah yang menjadi tempat laga penentuan tiket olimpiade ini sudah disesaki suporter Indonesia.

Salah satu suporter, Ahmad Surip, kepada Solopos.com mengatakan dirinya datang bersama istri dan tiga anaknya.



Selain ia dan anak istrinya, banyak keluarga Indonesia lainnya yang tinggal di Qatar juga berbondong-bondong ke stadion untuk memberi dukungan kepada Witan Sulaeman dkk.

Bahkan, tiket pertandingan yang dijual secara online sudah hampir sejak kemarin dalam dua jam sejak dibuka.

“Tiket sudah sold out, hanya dua jam sejak dibuka. Kami ingin memberikan dukungan untuk Indonesia agar lolos ke olimpiade,” ujar Ahmad Surip melalui pesan Whatsapp.

Pekerja imigran asal Tawangsari, Sukoharjo, Jawa Tengah ini mengatakan dirinya sudah di stadion 1,5 jam lalu.

Saat datang pintu stadion belum dibuka sehingga ribuan pendukung Merah Putih memenuhi loket.

“Di sini baru jam 5 (sore), masih 1,5 jam lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

KPU Sukoharjo Tetapkan 45 Caleg Terpilih Kamis Malam

KPU Sukoharjo Tetapkan 45 Caleg Terpilih Kamis Malam
author
Abu Nadzib Jumat, 3 Mei 2024 - 00:29 WIB
share
SOLOPOS.COM - KPU Sukoharjo menandatangani berita acara rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon legislatif (caleg) terpilih di Graha PGRI Sukoharjo, Kamis (2/5/2024) malam. (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menetapkan 45 calon legislatif (caleg) terpilih DPRD Sukoharjo.

KPU Sukoharjo memberikan kesempatan kepada pengurus parpol apabila ada caleg yang yang mengundurkan diri, meninggal dunia atau terseret kasus hukum maksimal 14 hari setelah penetapan.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih DPRD Sukoharjo digelar di Graha PGRI Sukoharjo, Kamis (2/5/2024) malam.

Koran Solopos

Rapat pleno dihadiri para komisioner KPU Sukoharjo, perwakilan parpol, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sukoharjo.

Pembacaan perolehan suara parpol dan caleg terpilih dilakukan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sukoharjo, Bambang Muryanto.

Ketua KPU Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo mengatakan tidak ada gugatan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang dibuktikan dengan surat dari Mahkamah Konsitusi (MK).

Emagazine Solopos

Kemudian, penetapan caleg terpilih dilakukan maksimal tiga hari setelah menerima surat dari MK.

“Hari ini, kami menetapkan caleg terpilih Pemilu 2024 untuk DPRD Sukohaejo. Caleg terpilih merupakan caleg dengan suara terbanyak di dapilnya,” kata dia.

Bani, sapaan akrabnya mengatakan KPU Sukoharjo memberi waktu kepada pengurus parpol apabila ada caleg yang mengundurkan diri, meninggal dunia atau terlibat kasus hukum.

Interaktif Solopos

Penyelenggara pemilu bakal memintai klarifikasi pada pengurus parpol sebagai peserta pemilu.

“Maksimal dua pekan setelah penetapan caleg terpilih. Kami akan mengklarifikasi pengurus parpol bukan caleg yang bersangkutan. Karena peserta pemilu adalah parpol,” ujar dia.

Berikut daftar 45 nama caleg terpilih DPRD Sukoharjo periode 2024-2029 :

Dapil I (Kecamatan Sukoharjo, Nguter, dan Bendosari):

PDIP : Nurjayanto, Endang Sri Sugiyanti, Slagen Abu Gorda, Sutoyo, Iwan Gunarto



Partai Golkar : Machmud Lutfi Huzain, Agus Sumantri

Partai Gerindra : Nicolaus Roni Setiawan

PKS : Widoyo

PKB : Suhardi

PAN : Yunior Wahyu Aprisa

Dapil II (Kecamatan Weru, Bulu, dan Tawangsari)

PDIP :  Didik Dwi Raharjo, Sri Mulyani, Sutomo, Aristya Tiwi Pramudiyatna

Partai Golkar : Wisanggeni Indra Aji Kusuma

PKB : Parmujo

PKS : Sigid Budi Raharjo

Dapil 3 (Kecamatan Baki, Gatak, dan Kartasura)

PDIP  : Wawan Pribadi, Danur Sri Wardhana, Maria Kristutiningsih, Bambang Santoso, Parwanto Mulyo Saputro, Debora Melani Rian Astuti

Partai Gerindra : Joko Nugroho, Rizal Benny Dikta

Partai Golkar : Glorry Himawan

PAN : Sunoto

PKB : Reza Rizky Ramadhan

PKS : Tito Setyo Nugroho

Dapil IV (Kecamatan Grogol)

PDIP : Sugeng Prasaja, Pradistya Fikri Bagaskoro

Partai Golkar : Jaka Wuryanta

PAN : Sumadi

Partai Gerindra : Yoshua Sindhu Riyanto

PKS : Siti Zakiyatun Ni’mah

Dapil V (Kecamatan Mojolaban, Polokarto)

PDIP : Idris Sarjono, Dahono Marlianto, Artiyana Ririn Yuanawati, Ngadiyanto

Partai Golkar : Sardjono

Partai Gerindra : Eko Sapto Purnomo, Wawan Budi Setianto

Partai Nasdem : Supardiyanto

PKS : Sumiyati

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories