SOLOPOS.COM - Totok Rusdaryanto, 51, peserta IKA UNS Color Run 2023 dari Mojosongo, Solo, menunjukkan race pack yang diambil, Kamis (2/3/2023), di Griya Solopos Jl. Adisucipto Solo. (Solopos/Damar Sri Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Sebagian peserta lomba lari IKA UNS Color Run 2023 mengaku tak terlalu mengincar hadiah.

Bisa berkumpul dan bersenang-senang bersama masyarakat pencinta lari sambil menjaga kebugaran tubuh menjadi alasan utama mereka mengikuti event ini.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Salah satu peserta IKA UNS Color Run 2023, Totok Rusdaryanto, 51, menyatakan sudah tidak sabar untuk mengikuti race bersama peserta lainnya. Warga Mojosongo, Solo, itu sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan menggeber latihan rutin tiga kali sepekan.

“Latihan lari di sekitar rumah atau di Manahan. Saya 2019 sudah pernah ikut event seperti ini. Kebetulan enam bulan ini lagi senang lari. Ikut virtual run juga. Terus ada teman yang mengabari ada event IKA UNS Color Run ini, ya saya ikut saja. Ambil yang 11 km. Saya tidak mengejar hadiahnya. Harapannya, saya tambah kuat lari, tambah sehat. Itu saja,” ujar Totok, saat ditemui Solopos.com di sela-sela pengambilan race pack di Griya Solopos, Jl. Adisucipto 190 Solo, Kamis (2/3/2023) .

Wahyu Kartika, 32, warga Kartasura, Sukoharjo termotivasi untuk ikut event ini karena banyak temannya yang berpartisipasi.

“Pengin ngumpul bareng teman-teman yang sama-sama ikut lari di event ini,” kata dia, yang mengambil rute 3 km ini.

Tidak jauh berbeda disampaikan Ganda Wijaya, warga Jogja. Pria berusia 54 tahun ini juga tak mau melewatkan kesempatan untuk mengikuti race 11 km di event ini.

“Mumpung ada waktu luang dan kebetulan sudah lama tidak ada kegiatan seperti ini. Jadi, ya ikut saja,” kata dia.

Menurut Ketua Panitia, Chamdan Purwoko, pengambilan race pack dilayani panitia pada Kamis-Jumat (2-3/3/2023) pukul 09.00 WIB-18.00 WIB. Syarat pengambilan race pack meliputi peserta wajib menunjukkan e-voucher atau email (bukti transfer) bagi pendaftar via loket.com, peserta kolektif yang belum terdaftar wajib mengisi data (formulir dari panitia).

Apabila ingin menggantikan kepesertaan orang lain, diwajibkan untuk melampirkan surat kuasa pemindahtanganan bermeterai dan KTP.

Apabila pengambilan race pack diwakilkan oleh orang lain, wajib menyertakan bukti pembelian tiket terdaftar, kartu identitas dan surat kuasa.

“Khusus peserta luar Soloraya, kami berikan kemudahan race pack dapat diambil di lokasi acara di Danau UNS maksimal dua jam sebelum acara dimulai,” imbuh Chamdan.

Chamdan juga menginformasikan agar peserta datang 2 jam sebelum race dimulai untuk melakukan registrasi ulang. Setiap peserta wajib menunjukkan barcode yang telah diterima melalui email/tercetak di BIB ke meja registrasi.

Selain memeriahkan Dies Natalis ke-47 UNS, acara yang digagas Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) ini untuk mendukung program Pemerintah Kota Solo dalam mengembangkan sport tourism yang sekarang sedang digencarkan.

Sebanyak 1.387 peserta siap mengikuti IKA UNS Color Run 2023 dengan tiga pilihan rute lari yakni 3 km dengan start dari Danau UNS – Jl. Perpustakaan – Perempatan Stadion UNS – Pintu Belakang UNS – Gapura Kapal ISI – Jl. Mega – Koramil 04/Jebres – Pintu Depan UNS – finish di Danau UNS.

Kemudian 5 km start dari Danau UNS – SPBU UNS – Gedung 3 Fakultas Teknik – FISIP – Fakultas Hukum – Samping Masjid Raya Nurul Huda – Pintu Belakang UNS – Jl. Ki Hajar Dewantara – Tugu Cembengan – Jl. Ir. Sutami – Pintu Depan UNS – finish di Danau UNS.

Terakhir, 11 km dengan start Danau UNS – SPBU UNS – Gedung 3 Fakultas Teknik – FISIP – Fakultas Hukum – Samping Masjid Raya Nurul Huda – Pintu Belakang UNS – Jl. Ki Hajar Dewantara – Jl. Tentara Pelajar – Perempatan UTP (Jembatan Merah) – Jl Walanda Maramis – FKPM Bintang Timur RW 22 – Jl. Letjen Sutoyo – Lampu APILL Pasar Ngemplak – Pengkolan Patung Ganesa – Jl. A. Yani – Jl. Kolonel Sutarto – Lampu APILL Cembengan – Jl. Ir. Sutami – Pintu Depan UNS – finish di Danau UNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya