SOLOPOS.COM - Francesco Totti (JIBI/REUTERS/Alessandro Bianchi)

Francesco Totti menjadi direktur di Roma.

Solopos.com, ROMA – Francesco Totti akhirnya menerima tawaran AS Roma untuk menjadi salah satu direktur di klub tersebut. Keputusan itu menjawab spekulasi mengenai masa depannya yang disebut-sebut juga akan terus lanjut bermain.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Kontrak Totti tak diperpanjang AS Roma pada akhir musim lalu. Kendati demikian, dia tak langsung memutuskan untuk pensiun atau tetap lanjut bermain. Di sisi lain, Roma sudah menawarkan satu tempat di posisi direktur.

Totti merupakan legenda hidup Roma. Pria yang kini berusia 40 tahun itu hanya membela Serigala Ibu Kota selama 25 tahun karier profesionalnya. Dia pun sudah menjalani partai terakhir bersama Roma pada akhir musim lalu saat turun di babak kedua mengjadapi Genoa, Mei 2017.

Sejak saat itu, Totti dikabarkan didekati sejumlah klub. Pasalnya, dia diyakini masih ingin bermain tapi Roma tak bisa memberi waktu bermain lebih. Sejumlah klub MLS pun dikabarkan meminatinya.

Namun kini, Totti telah memutuskan untuk menerima tawaran Roma sebagai direktur. “Saya akan memulainya dengan hari terakhir karier bermain saya, pada 28 Mei 2017. Bagi saya, itu adalah hari yang bersejarah, suatu hari yang sangat emosional untuk saya,” kata Totti seperti dikutip dari Asroma.com, Selasa (18/7/2017).

“Sambutan yang saya dapatkan akan selalu saya bawa. Sulit untuk menjelaskan kepada para penggemar mengenai sensasi-sensasi dan emosi-emosi yang saya miliki pada hari itu,” tambahnya.

Totti, yang akan bekerja bersama direktur olahraga Monchi dan pelatih Eusebio Di Francesco, menyadari akhir hari-hari bermainnya. “Bagian pertama sudah selesai, sebagai seorang pemain, dan kini memulai pekerjaan penting lain sebagai seorang direktur, di mana mudah-mudahan saya dapat memiliki dampak serupa seperti yang saya lakukan di lapangan.”

“Merupakan hal indah untuk memainkan permainan ini, namun semuanya harus berakhir. Ini telah 25 tahun dan begitu banyak hubungan indah dengan Roma,” pungkasnya.

Totti melakukan debut-nya sebagai pemain saat berusia 16 tahun yakni ketika Roma menang 2-0 atas Brescia pada 1993. Selama membela Roma, Totti sudah mencicipi arahan 16 pelatih berbeda dalam 25 musimnya di klub, di kota tempat ia dilahirkan.

Total ia mencatatkan 786 pertandingan dengan melesakkan 307 gol termasuk 250 gol di Liga Italia. Meski begitu, ia hanya meraih satu gelar Liga Italia bersama Roma. Selain itu ada dua trofi Coppa Italia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya