SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (pssi.org)

Solopos.com, SINGAPURA – Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak final Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua babak semifinal. Di laga ini, tiga pemain Singapura mendapat kartu merah.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021) malam WIB, Indonesia mendapat peluang apik pada menit keenam. Ricky Kambuaya mendapat umpan matang dari Witan Sulaeman di kotak penalti. Sayang sepakan Kambuaya masih melebar tipis.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Indonesia mampu mencetak gol pada menit ke-12. Berawal dari pergerakan Witan Sulaeman yang mampu melewati pemain Singapura. Bola kemudian disodorkan ke Ezra Walian yang berada di mulut gawang. Ezra pun mampu mencocor bola yang berhasil mengoyak gawang lawan. Indonesia unggul 1-0.

Baca Juga: Susunan Pemain Indonesia vs Singapura: Ezra Ujung Tombak, Egy Cadangan

Indonesia nyaris menambah keunggulan tiga menit kemudian. Kambuaya mendapat umpan dari Asnawi Mangkualam. Tapi tendangan Kambuaya belum menemui sasaran.

Singapura sendiri justru kesulitan untuk menembus pertahanan Indonesia. Mereka bahkan tak mampu menciptakan peluang emas hingga menit ke-30. Serangan-serangan mereka lebih banyak digagalkan oleh para pemain bertahan Indonesia yang memang tampil sigap.

Pada menit ke-37, Indonesia mendapat peluang dari tendangan bebas. Namun eksekusi Ramai Rumakiek bisa ditangkap kiper lawan. Tiga menit berselang giliran Singapura yang mengancam. Beruntung Nadeo masih sigap menepis bola tendangan Hafiz Nor.

Di masa injury time, Singapura kehilangan pemain setelah Safuwan Baharudin mendapat kartu kuning kedua. Namun, kalah jumlah pemain justru membuat Singapura menyamakan kedudukan. Song berhasil memanfaatkan kemelut di mulut gawang untuk menaklukkan Nadeo. Skor 1-1 bertahan hingga jeda turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua, Indonesia yang unggul jumlah pemain mencoba menyerang sejak awal. Peluanh didapat pada menit ke-48, tendangan Kambuaya masih melambung di atas gawang. Tak berselang lama, giliran tendangan Ezra yang masih menyamping.

Pada menit ke-59, tendangan Rizki Ridho membentur mistar gawang. Singapura membalas lewat serangan balik cepat. Shahwal melakukan tendangan jarak jauh yang masih melambung tipis.

Baca Juga: Semifinal Leg II Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Tak Mau Adu Penalti

Menit ke-66, Singapura kembali mendapat hukuman kartu merah. Kali ini Irfan Fandi yang diusir wasit setelah melanggar Irfan Jaya yang lolos dan tinggal berhadapan dengan kiper. Irfan Jaya yang mengeksekusi tendangan bebas hasil dari pelanggaran tersebut, masih membentur pagar hidup.

Justru Singapura yang berbalik unggul pada menit ke-75. Shahdan Sulaiman mampu menaklukkan Nadeo lewat tendangan bebas ciamik. Indonesia bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-87. Pratama Arhan mampu menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan bola muntah di kotak penalti.

Tapi dua menit kemudian, Arhan menjadi penyebab Singapura mendapat hadiah penalti setelah melanggar pemain lawan di kotak terlarang. Beruntunt eksekusi Faris Ramli bisa digagalkan Nadeo. Skor 2-2 bertahan hingga waktu normal habis. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Perpanjangan Waktu

Di babak pertama perpanjangan waktu, Indonesia langsung mencetak gol selang dua menit pertandingan dimulai. Berawal dari tendangan Egy yang ditepis kiper, bola mengenai pemain Singapura yang mengarah ke gawang sendiri setelah mendapat gangguan dari Irfan Jaya. Skor menjadi 3-2 untuk Indonesia.

Setelah itu, Indonesia mendapat sejumlah peluang emas. Namun penampilan gemilang kiper Singapura, Hassan Sunny, membuat peluang Indonesia gagal. Tendangan Irfan Jaya hingga Arhan bisa ditepis Hassan.

Baca Juga: Deretan Pemain Singapura yang Diwaspadai Shin Tae-yong

Sebuah peluang di pengujung babak pertama perpanjangan waktu berhasil dimanfaatkan Egy Maulana Vikri menjadi gol. Bermula tendangan sudut dari Evan Dimas, terjadi kemelut di depan gawang. Egy kemudian menyontek bola yang berujung gol yang mengubah skor menjadi 4-2.

Di babak kedua, Indonesia masih menggempur pertahanan Singapura. Sejumlah peluang didapat termasuk tendangan Irfan Jaya yang masih digagalkan kiper. Pemain Singapura kembali berkurang setelah kiper Hassan Sunny mendapat kartu merah usai melanggar Irfan Jaya.

Skor 4-2 untuk keunggulan Indonesia pun bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini membuat Indonesia melaju ke babak final dengan agregat 5-3.

Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo, Fachruddin, Dewangga, Ridho, Arhan, Asnawi, Irianto, Kambuaya, Ramai, Witan, Ezra

Singapura: Hassan, Safuwan, Nur Adam, Irfan, Hami, Harris, Zulqarnaen, Song, Shahdan, Hafiz, Amy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya