SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6/2024). Indonesia menang 2-0 atas Filipina di Stadion GBK dan menjadi runner up Grup F. (Istimewa/pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Timnas Indonesia sukses melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk kali pertama setelah menundukkan Filipina 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Selain itu, Timnas juga otomatis lolos ke Piala Asia tahun 2027 mendatang.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Indonesia sebagai runner up Grup F dan lolos ke putaran ketiga mendampingi Irak yang lebih dulu lolos sebagai juara grup.

Indonesia meraih poin 10, hasil dari tiga kali menang, satu kali seri dan sekali kalah. Dengan demikian, hasil pertandingan antara Irak versus Vietnam pada Rabu (12/6/2024) pukul 01.00 WIB nanti tidak berpengaruh apapun.

Jika menang, peroleh poin Vietnam hanya sembilan.

Timnas Indonesia menang 2-0 atas Filipina melalui perjuangan yang tidak mudah.

Dalam laga ini, Timnas Filipina melakukan aksi parkir bus saat meladeni Garuda dalam laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjamu Filipina, Selasa (11/6/2024) pukul 19.00 WIB.

Pelatih Tom Saintfiet menumpuk 10 pemainnya di garis pertahanan untuk menghadang serbuan Timnas yang dikreasi Thom Haye.

Tak hanya dari lini tengah, Timnas juga membangun serangan dari sisi sayap kiri melalui Calvin Verdonk dan sayap kanan melalui Asnawi Mangkualam.

Pemain keturunan berdarah Solo, Jawa Tengah, Thom Haye, mengukir gol perdananya untuk Timnas ke gawang Filipina, Selasa (11/6/2024).

Thom Haye membuat gol indah dari luar kotak penalti ke gawang kiper Filipina, Kevin Mendoza.

Haye melakukan tendangan chip yang seolah melambung ke atas tiba-tiba menukik deras ke gawang kiper Persib Bandung tersebut.

Pemain berusia 29 tahun itu langsung melakukan selebrasi ke arah penonton. Ketika menjatuhkan diri ke rumput ia langsung dikerubungi dan dipeluk rekan-rekannya.

Gelandang berjuluk Profesor itu terlihat terharu atas gol perdana yang diciptakannya di depan puluhan ribu pendukung Merah Putih.

Bek Rizky Ridho memperbesar keunggulan Timnas Indonesia atas Filipina menjadi 2-0, menyambut umpan dari tendangan bebas Nathan Tjoe Aon pada menit ke-56.

Ia memotong bola yang melambung ke tengah garis pertahanan Filipina.

Filipina bermain lebih terbuka di babak kedua setelah tertinggal 0-1 di babak pertama. Hal itu justru membuat Tim Garuda berhasil menciptakan ancaman-ancaman ke gawang Filipina yang dijaga kiper Persib Bandung, Kevin Mendoza.

Namun hingga pertandingan skor tidak berubah 2-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Debut Verdonk

Pemain terbaru naturalisasi Calvin Verdonk menjalani debut di Timnas Indonesia dalam laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjamu Filipina, Selasa (11/6/2024) pukul 19.00 WIB.

Nama pemain klub Eredivisie Belanda, NEC Nijmegen itu masuk dalam line up yang diturunkan pelatih Shin Tae-yong.

Selain Verdonk, pemain yang mengantarkan Venezia ke Serie A, Jay Idzes juga bermain di awal menggantikan Jordi Amat yang terkena kartu merah di laga melawan Irak, belum lama ini.

Asnawi Mangkualam yang di laga terakhir menjadi pemain pengganti kini diturunkan sejak menit awal.

Masuknya Asnawi dan Verdonk membuat Shayne Pattynama dan Sandy Walsh berada di bangku cadangan.

Untuk pemain lain sama persis dengan yang diturunkan Shin Tae-yong saat kalah 0-2 dari Irak, Kamis (6/6/2024) lalu, termasuk Ernando Ari Sutaryadi yang melakukan blunder hingga berbuah gol.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya