SOLOPOS.COM - (JIBI/SOLOPOS/Reuters/Olah Grafis: Is Ariyanto)

(JIBI/SOLOPOS/Reuters/Olah Grafis: Is Ariyanto)

Sepintar apa pun pemain bola, kalau tak didukung perangkat yang baik, jelas tak akan bisa bermain maksimal. Apalagi dalam turnamen sepakbola inmternasional sekelas Euro 2012. Salah satu yang terpenting tentu saja bola yang dipakai.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Anda mungkin masih ingat Jabulani, bola resmi yang dipakai saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Bola buatan Adidas ini ternyata banyak dikeluhkan pemain dan kiper karena saat ditendang bergerak sangat liar sehingga sulit diprediksi arahnya.

Kali ini Adidas yang masih dipercaya menjadi produsen bola untuk Euro merilis bola rancangan terbaru yang disebut Adidas Tango 12. Sebenarnya seperti dilaporkan Telegraph.co.uk, secara teknis bola ini relatif sama dengan Jabulani. Hanya saja setelah meperhatikan semua kritik dan saran yang mengalir masuk terkait Jabulani, Adidas menyatakan sudah mengakomodasinya sehingga bola produk terbarunya kali ini benar-benar diklaim lebih baik.

Kabarnya, Adidas membawa bola ini ke seluruh bagian dunia untuk menguji pada kondisi iklim yang berbeda. Bahkan kabarnya mereka juga melakukan pengujian diam-diam dengan “mencampurkan” bola baru itu dengan bola lain yang dipakai dalam latihan, sehingga pemain tak tahu. Semua hasil pengujian itulah yang jadi rujukan perancangan bola baru.

Katanya, bola yang baik adalah yang seimbang antara kemampuannya untuk dikontrol dan stabilitasnya saat ditembakkan. Rahasianya pada permukaannya. Tapi kalau terlalu condong pada kemampuan untuk dikontrol pada jarak dekat, akibatnya adalah apa yang terjadi pada Jabulani yaitu jadi liar dan sulit diprediksi saat ditembakkan dengan kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya