SOLOPOS.COM - Logo Manchester United

Solopos.com, JAKARTA–Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani menarik diri dari proses pembelian Manchester United (MU).

Dilansir Reuters yang dikutip Bisnis.com, Minggu (15/10/2023), Sheikh Jassim putra mantan Perdana Menteri Qatar adalah salah satu kandidat terdepan yang membeli juara Premier League atau Liga Utama Inggris 20 kali itu dari keluarga Glazer.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Dia bersaing dengan miliarder Inggris dan pendiri INEOS Jim Ratcliffe juga merupakan kandidat utama untuk memiliki klub kota Manchester itu.

Penyebab mundurnya Jassim dari upaya mengakuisisi MU ditengarai tidak ada kesepakatan dengan pemilik klub, keluarga Glazer.

Pengamat sepak bola Fabrizio Romano menjelaskan tawaran akhir Jassim diperkirakan hampir dua kali lipat dari penilaian pasar terhadap MU sebesar US$3,5 miliar atau sekitar Rp54,96 triliun.

Jassim juga menyiapkan US$1,5 miliar atau setara Rp23,554 triliun untuk investasi klub MU di mana sebanyak US$1,5 miliar direncanakan untuk membeli pemain, dana akademi, merapikan stadion hingga training center.

Syekh Jassim juga siap melunasi utang lama dan utang baru klub. Tapi tawaran besar tersebut kembali ditolak oleh keluarga Glazer.

Diberitakan sebelumnya, pada Agustus lalu, Sheikh Jassim menawar raksasa Old Trafford ini kepada keluarga Glazer sebesar 5 miliar pounsterling atau setara Rp95,191 triliun.

Profil Sheikh Jassim

Syekh Jassim merupakan Ketua Qatar Islamic Bank (QIB), salah satu bank terbesar di Timur Tengah, dan anggota keluarga kerajaan Qatar.

Miliader ini lahir pada 1982, dianggap sebagai pendukung seumur hidup Manchester United.

Bahkan dia memberi nama yayasannya, Nine Two Foundation, mengacu pada skuad Kelas 92 United yang dipimpin oleh Ryan Giggs dan David Beckham.

Ayahnya, Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani, adalah Perdana Menteri Qatar 2007-2013 dan terlibat dalam pengelolaan PSG. Sheikh Jassim menempuh pendidikannya di Akademi Militer Kerajaan di Sandhurst, lulus sebagai kadet perwira sebelum akhirnya menjadi bankir.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Konglomerat Qatar Sheikh Jassim Batal Beli Manchester United”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya