SOLOPOS.COM - Courtois saat diberi kartu merah wasit Michael Oliver (BBC)

Teknologi di sepak bola saat ini sudah mulai diterapkan. Pada masa mendatang, wasit akan dibantu video rekaman terkait dengan penentuan gol, kartu merah, penalti, dan identifikasi pemain.

 
Harianjogja.com, LONDON — Sepak bola akan memperkenalkan inovasi baru mulai musim depan. Rencananya wasit akan dibantu oleh video rekaman untuk menentukan kejadian di lapangan.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Sebenarnya alat bantu video rekaman masih diperdebatkan. Banyak yang bilang video rekaman akan menghilangkan drama dari sepak bola itu sendiri, sementara tak sedikit yang mendukung video itu agar tidak ada lagi kontroversi.

Dalam seminar wasit internasional yang digelar di London, empat dari delapan Direktur Asosiasi Wasit Sepak Bola Internasional (IFAB) mendukung wacana ini. Sementara dibutuhkan enam orang Direktur agar aturan ini disahkan oleh FIFA.

“Tempo pertandingan semakin cepat, demikian juga para pemainnya. Namun dari sisi wasit justru tak pernah dalam kondisi prima,” kata CEO FA, Martin Glenn seperti dilansir Fox, Jumat (8/1/2016).

“Itu sebabnya teknologi seperti ini sangat dibutuhkan wasit.Tapi kami juga ingin alat bantu ini tidak menganggu alur permainan,” katanya menambahkan.

Pada tahap awal ada empat aspek di lapangan yang akan dibantu oleh video pertandingan. Yakni penentuan gol, kartu merah, penalti, dan identifikasi pemain.

Video ini akan ditaruh di pinggir lapangan, bukan di layar besar stadion dan hanya digunakan saat wasit memintanya atau kejadian yang benar-benar membutuhkan. Jika percobaan musim depan sukses, maka video rekaman pertandingan ini akan digunakan di seluruh dunia mulai musim 2018/19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya